Bisnis Tidak Cari Untung, Yakin?

blog post profit 2

Dalam suatu obrolan dengan teman-teman yang sudah mulai bikin usaha, saya sempat mendengar bahwa ada beberapa pengusaha yang berpedoman bahwa dia bikin usaha bukan untuk cari untung.

Lalu muncul pertanyaan dari teman saya yang lain, “yakin lu?”

Well, kalau misal saya yang ditanya pendapatnya, saya sudah punya jawabannya. Sialnya, karena saya belum mulai membuka usaha apapun, jadi tidak ada yang pernah bertanya pada saya. #pukpuk

Tapi, katakanlah ada yang bertanya pada saya, lalu apa jawaban saya?

“Yakin?”

Ya bagi saya sih, yakin-yakin aja. Kenapa?

Bisnis bisa buat cari untung atau yang lainnya, makan bisa untuk kenyang atau sehat.

Saya selalu mengibaratkan bikin usaha itu dengan aktivitas makan. Nah, kalau bikin usaha itu ada tujuannya, katakanlah yang pertama adalah cari untung, dan yang satunya lagi adalah alasan-alasan mulia lainnya, maka pada aktivitas makan pun demikian. Saat makan, kita bisa mempunya tujuan untuk yang pertama kenyang, atau yang satunya sehat.

Sampai sini kita sepaham ya? Bisnis bisa buat cari untung atau yang lainnya, makan bisa untuk kenyang atau sehat.

Nah, sekarang kalau kita makan, tujuan kita adalah untuk sehat, kita akan memilah makanan kita. Pada prosesnya kemudian, saat kita makan untuk sehat, secara otomatis kita akan sedikit kenyang atau minimal tidak lapar lagi lah. Tapi kalau kita makan untuk kenyang, belum tentu kita akan sehat bukan? Iya nggak?

Hanya saja, memang saat kita makan untuk sehat, rasa kenyang yang didapatkan tidak akan semantap saat kita makan untuk kenyang.

Begitu juga dengan bikin usaha. Saat kita bikin usaha untuk sesuatu yang lain, biasanya secara otomatis kita akan mendapatkan keuntungan dalam segi neraca keuangan. Atau ya, minimal tidak rugi-lah. Nah, kalau kita bikin usaha untuk cari untung sebagai dasar utamanya, seringnya kita akan melewatkan keuntungan apabila tujuan kita adalah sesuatu yang lain. Iya nggak?

Dan sama seperti makan tadi, saat kita bikin usaha dengan tujuan yang lain, bisa jadi kita tidak akan mendapatkan laba sebanyak jika kita membuat usaha dengan niat mencari untung.

Masalahnya, saat kita kenyang, apakah tidak ada kemungkinan untuk lapar lagi? Ada. Banget.

Begitupula dengan bikin usaha. Saat kita mendapatkan keuntungan sesuai target, apakah kita akan puas terus tidak cari untung lagi? Enggak mungkin. Banget.

Tengok saja teman saya yang bekerja di BUMN besar di Indonesia. Saat dia berhasil mencapai target satu tahun dalam waktu hanya 4 bulan saja, apakah lantas dia bisa berleha-leha di sisa tahun itu? Enggak! Targetnya dinaikin. Begitu terus sampai kiamat.

Jadi menurut saya, sangat mungkin kita membangun usaha tanpa niat mencari untung.

Terus alasan lainnya itu apa dong? Tentu saja macam-macam, tapi biasanya bersifat lebih mulia, haha. Misalnya saja dia bikin usaha dengan niat untuk memajukan kotanya. Atau dia bikin usaha dengan niat untuk meningkatkan kesejahteraan karyawannya. Atau bisa juga, seperti bos saya, bikin usaha agar anak-anaknya kelak memiliki lingkungan kerja yang bagus.

Banyak pokoknya.

Jadi, buat teman-teman yang ingin bikin usaha, jangan takut untuk tidak cari untung ya. Nasehat dari saya yang belum pernah bikin usaha. Hehe.

Eh, pernah ding, satu kali. Tapi bangkrut gara-gara modalnya diambil tuyul. -___-

2 Komentar

Filed under Freedom to speak

2 responses to “Bisnis Tidak Cari Untung, Yakin?

  1. Dulu papa ku bisnis jamur dan diurusin sama petani jamur. Untungnya dikit sampe akhirnya malah ga dapet untung. Kata papa, gakpapa gak dapet untung yang penting ada satu keluarga petani yg hidupnya bisa jadi lebih baik dan anak2nya bisa lanjut sekolah.

    Ya walaupun pada akhirnya papa berhenti di bisnis itu. Tapi beliau udah pernah nyoba pahit manis nya di bisnis itu. Hehehe.

    Panjang komennya maap.

  2. sosialpreneur. tapi tetap harus untung juga kok.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

