Mengurus Sertifikat KKN yang Hilang (Untuk Syarat Sidang Pendadaran Fisipol UGM)

Fisipol

Ciyee yang udah di-acc. Ciyee yang mau sidang. Lagi bingung gara-gara sertifikat KKNmu yang jadi syarat buat sidang ternyata hilang? Tenang saja. Selalu ada jalan keluar untuk mahasiswa yang menderita.

Beberapa waktu yang lalu, saya baru saja menyelesaikan sidang pendadaran untuk skripsi saya. Plis, jangan tanya berapa lama saya mengerjakan skripsi itu (dan tentu saja jangan tanya saya angkatan berapa). Sialnya, ketika saya sedang senang-senangnya karena skripsi saya sudah di-acc dosen pembimbing, saya baru sadar kalau sertifikat KKN saya ternyata hilang. Saya cari di rumah, ndak ada. Saya cari di kost, ndak ada. Saya cari di hati mantan, yang ada hanya kenangan yang menyakitkan. Akhirnya, saya memutuskan untuk menganggap sertifikat saya hilang.

Sebenarnya kehilangan sertifikat KKN bukanlah hal yang terlalu rumit bagi saya. Hanya saja, syarat sidang pendadaran di Fisipol UGM (setidaknya sampai hari ini) mengharuskan kita menyertakan fotocopy-nya sebagai salah satu berkas yang dikumpulkan. Nah, kalau hilang terus pegimane? Apakah saya lantas tidak boleh sidang pendadaran? Terus bagaimana dong dengan nasib orang tua saya yang sudah susah payah bayari saya kuliah?

Untungnya, selalu ada jalan untuk mahasiswa angkatan tua. Setelah menelusuri beberapa jalan, akhirnya saya menemukan dua (2) pilihan solusi untuk dilakukan.

Yang pertama, adalah dengan mengedit hasil scan fotocopy sertifikat teman, lalu memprintnya. Gampang banget. Nggak ribet. Langsung jadi. Tapi hati nurani saya berkata lain. Jika saya sidang pendadaran berdasarkan hasil manipulasi, lalu saya lulus dan dapat gelar sarjana, hingga akhirnya saya bekerja bermodalkan gelar itu, apa nanti uang yang saya terima nggak berpotensi haram? Wisuda adalah tentang kehidupan yang akan terus kita emban sampai mati. Saya tidak ingin menyia-nyiakan usaha saya sendiri, dan merusaknya dengan menyertakan berkas palsu saat akan ujian.

Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan solusi yang kedua. Solusi yang saya sarankan untuk kamu lakukan.

Apakah cara itu? Cara itu adalah dengan meminta surat keterangan dari LPPM untuk diserahkan kepada jurusan. Ribet. Susah. Tapi insya Allah legal dan barokah.

Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana prosedurnya? Oke, mari kita mulai langkah-langkahnya:

  1. Pergi ke kantor polisi. Minta tolong pada pak polisi untuk membuatkan surat keterangan hilang. Ketika ditanya, jawab saja dengan jujur. Jika tahu kapan hilangnya, katakan apa adanya. Kalau tidak tahu, buat saja mudah dengan bilang hilangnya di daerah sekitar kantor polisi itu. Jika sudah selesai, pura-pura saja bego dan bilang terima kasih. Nggak usah nanya, “bayar nggak ya pak?” dan sebagainya.
  2. Pergi ke front office di Fisipol UGM. Tahu kan tempatnya? Nanti di FO nggak perlu ngobrol sama orang FOnya, langsung saja ke belakang dan menuju ruangan Om Rudy. Pokoknya yang pojok. Menurut saya beliau orangnya enak dan mau diajak kerja cepat. Proses sama beliau hitungannya cepat. Bilang saja sama Mas Rudy mau bikin surat keterangan pengganti sertifikat KKN. Ikuti perintahnya dan boom, jadilah surat pengantar. Surat pengantar dari fakultas itu tidak bisa kita gunakan sebagai berkas yang dikumpulkan untuk ujian. Lalu apa fungsinya?
  3. Dengan membawa surat pengantar itu, datanglah ke LPPM di Gedung Pusat UGM. Temui mbak-mbak penjaganya, dan serahkan surat itu. Kemungkinan kamu akan diminta untuk menunggu 1-2 minggu sampai akhirnya surat keterangan pengganti sertifikat KKNmu jadi. Selamat menunggu.

Oh ya, beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum membuat surat ini adalah:

  1. Pastikan kamu memang benar-benar sudah KKN. Kalau belum KKN mah, nggak usah sok-sokan ngaku sertifikat KKNmu hilang nyet.
  2. Pastikan kamu inget detail KKN-mu seperti: tema KKN dan unit berapa kamu di KKN.

Yap, saya rasa itu saja yang bisa saya share untuk membuat surat keterangan pengganti sertifikat KKN yang hilang. Semoga dengan ini kamu bisa segera sidang dan mendapat nilai bagus, terus lulus, terus makan-makan, terus kawin deh!

2 Komentar

Filed under Tips dan Trik

2 responses to “Mengurus Sertifikat KKN yang Hilang (Untuk Syarat Sidang Pendadaran Fisipol UGM)

  1. prima ratih

    hahahaha😛 akhrinya wisuda juga😀

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

