Di Balik Warna Jersey Sepak Bola

Blog post jersey

Postingan kali ini merupakan hasil kerja sama saya dengan tim Rinso yang akan menghadirkan artikel-artikel menarik seputar baju dan hal-hal lainnya yang berkaitan. Kali ini, kita akan diajak untuk mengenal tentang filosofi warna di dalam jersey sepakbola yang mungkin selama ini luput dari perhatian . Ambil kopimu, duduk yang tenang, dan mari membaca bersama.🙂

Siapa bilang warna pink cuma untuk perempuan? Kalau nggak percaya lihat saja seragam tandang Real Madrid musim 2014/2015, seragam kandang Palermo musim 2014/2015, dan seragam tandang Everton musim 2010/2011 yang berwarna pink menyala. Setelah diteliti, ternyata tim-tim sepak bola di Eropa hampir nggak mempertimbangkan pilihan warna jersey berdasarkan kesan maskulin atau feminin. Pemilihan warna-warna seragam sepak bola sedikit atau banyak lebih ditentukan oleh tingkat motivasi dan dampak psikologis yang bisa dibawa masing-masing warna.

 

Warna-warna tertentu dianggap membawa keberuntungan, sedangkan yang lain dinilai malah membawa sial sehingga sebaiknya nggak dipakai. Mengenai bahan kaos, tentu dipilih yang tangguh biar nggak gampang rusak dan bisa menyesuaikan dengan cara kerja mesin cuci. Warna-warna berikut ini paling umum dipakai oleh klub-klub sepak bola di luar negeri. Simak makna masing-masing, jadi teman-teman nggak salah pilih kalau mau bikin seragam untuk tim sepak bola.

 

Merah: Warna ini selalu dianggap membawa keberuntungan. Anggapan bahwa warna merah hanya membawa keberuntungan dalam budaya Tionghoa ternyata juga nggak sepenuhnya benar. Warna merah juga mewakili kesan kuat, berani, agresif, dan enerjik yang bisa membangkitkan vitalitas para pemain.

 

Hitam: Warna netral ini ternyata digolongkan sebagai warna yang membawa sial, kecuali jika dipadukan dengan warna lawannya, yaitu putih. Hitam mewakili kesan tangguh, kuat, mantap, dan juga pendirian keras. Secara psikologis, warna ini berpotensi membuat para pemain kurang merasakan semangat bermain sebagai satu tim.

 

Biru: Kebalikan dari hitam, biru diasosiasikan dengan semangat kebersamaan bermain dalam satu tim. Maka nggak mengherankan kalau warna ini banyak dipilih tim-tim di luar klub kesebelasan sepak bola juga. Misalnya untuk seragam sekolah, pemandu sorak, pegawai pasar swalayan, dan lain-lain karena kemampuannya membangkitkan semangat persatuan. Meskipun dinilai sebagai warna yang memancarkan kesan positif karena menenangkan, biru dianggap kurang mampu memberikan energi ekstra untuk memotivasi para pemain klub.

 

Hijau: Warna ini mewakili kehidupan, vitalitas, dan energi. Karena merupakan warna alam dan mencerminkan pertumbuhan, hijau dinilai membawa keberuntungan bagi klub menuju sukses. Sayangnya, hijau dipandang nggak menonjol, apalagi di atas lapangan hijau yang jauh lebih menonjol.

 

Abu-abu: Warna ini merupakan warna yang dianggap paling nggak membawa keberuntungan dan juga nggak memotivasi para pemain. Faktanya, ketika Manchester United menyertakan setrip abu-abu pada seragam para pemainnya, klub ini gagal memenangi satu pun pertandingan. Karena telah mendapat julukan Setan Merah, mau nggak mau klub ini harus tetap memakai merah untuk seragam klub di mana pun dan kapan pun.

 

Ketika memilih warna untuk klub sepak bola, teman-teman sebaiknya memahami bagaimana warna-warna di atas memengaruhi alam bawah sadar para pemain. Pilih juga bahan yang berkualitas. Perhatikan label perawatan bahan dan simak cara kerja mesin cuci di sini agar jersey sepak bola teman-teman nggak luntur, melar, atau lepas jahitannya.

2 Komentar

Filed under Tips dan Trik

2 responses to “Di Balik Warna Jersey Sepak Bola

  1. setiap warna mempunyai maknanya masing2, tapi tetep merah-biru kombinasi yg paling pas untuk jersey bola.. hehe

  2. Firman: Haha, pendukungnya FC Basel ya, Mas? :p

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s