Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Yang Tidak Mainstream

penjual es paling ganteng

“Ganteng-ganteng kok jualan es? Sini sama aku aja!” kata mbak-mbak yang lewat…

Yap, setiap tahun pas ramadhan gini, gue selalu nyempetin buat nulis konten-konten gak jelas tentang Ramadhan. Bukan karena gue alim sih, tapi karena emang lagi selo aja.

Beberapa konten gue yang berhubungan dengan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya adalah: Hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan di bulan Ramadhan, dan Cerita Tentang Ramadhan. Gak jelas? Iya sih.😐

Nah, dan kali ini, gue ingin memberikan kemanfaatan, terutama buat para calon enterpreneur (tulisannya bener gitu kan?) yang lagi nyari ide usaha. Ini adalah beberapa ide bisnis cemerlang yang bisa lu coba waktu Ramadhan.

1. Joki tanda tangan Imam Tarawih

Ketika Ramadhan seperti ini, biasanya sekolah-sekolah akan memberi tugas pada anak-anak untuk mengisi buku harian Ramadhan yang harus diisi setiap harinya. Salah satu elemen penting dari buku itu (meskipun gak pernah benar-benar dilihat oleh gurunya setelah dikumpulkan) adalah tanda tangan dari para imam Tarawih setiap hari. Dan bagi gue dulu, gue paling gak suka kegiatan minta tanda tangan ini. Kita harus berdesak-desakan sama anak-anak kecil lainnya, dan mendadak si imam yang orang biasa, harus sok-sokan jadi artis dengan bilang, “satu-satu ya, gantian.”

Nah, kalo kayak gitu kan, jelas ini merupakan peluang bisnis. Masalah sudah ada (penuh saat minta tanda tangan) lalu apa solusinya yang bisa kita jual? Yap, kita menjadi joki yang akan membantu anak-anak itu meminta tanda tangan.

Yaelah bro, anak kecil kan gak punya duit?

Jangan lupa, saat puasa gini anak-anak bisa jadi punya banyak duit. Mereka gak ngabisin duit buat jajan di siang hari waktu istirahat. Terus juga dapet takjil gratis sorenya. Selain itu mereka juga yakin saat lebaran akan dapat banyak angpao. Jadi, kita kasih paket bulanan aja, nanti dibayar setelah lebaran. Untung besar!

2. Jualan buka puasa…. di depan masjid

Kalau jualan buka puasa di depan jalan mah udah mainstream. Biasa banget. Tapi kalau jualan buka puasa di depan masjid yang bagi-bagi makanan gratis? Itu baru beda!

Lah, di mana untungnya bro? Mereka kan udah dapet makanan gratis?

Ada 3 peluang yang bisa kita manfaatin dari ide ini. Pertama, saingan kita dikit banget, gak seperti di jalan-jalan yang banyak penjualnya. Kedua, kalau ada jamaah masjid yang gak kebagian takjil gratis, dia akan beli di kita. Ketiga, buat orang-orang yang dapet pun, karena baru saja dapet makanan gratis, biasanya mereka akan merasa kaya dan mudah mengeluarkan duit. Kalau udah kayak gitu, besar kemungkinan mereka akan tergoda dengan jualan kita.

Udah ganteng, jenius lagi.

3. Jasa Event Organizer Buka Bersama

Kegiatan paling asik di bulan Ramadhan adalah buka bersama teman-teman, apalagi mantan. Tapi seiring dengan perjalanan waktu, semua orang semakin sibuk, dan memikirkan buka bersama adalah hal yang melelahkan dan kadang-kadang malesin. Dengan deskripsi masalah seperti itu, tentu solusi yang ditawarkan ide usaha ini jelas: atur buka bersama mereka sebaik mungkin.

Jadikan buka bersama orang-orang ini menjadi buka bersama paling seru di dalam hidupnya, dan dengan time management yang tepat, kita juga bisa tetap membuat mereka melaksanakan sholat Tarawih di masjid tepat waktu. Iya, jangan lupa, dalam kegiatan buka bersama, rentan sekali kita meninggalkan tarawih bersama di masjid. Adalah tugas EO untuk membuatnya tetap berjalan baik.

Siapa tahu, dengan menjadi EO buka bersama kita terhitung membantu orang berbuka. Bayangkan berapa banyak pahala yang kita dapat? Jadi usaha jalan, amalan juga jalan. The best job ever!

Gimana? Ide-ide yang gue kasih tadi sama sekali gak mainstream kan? Kan? KAN? #Maksa.

Bulan Ramadhan sebentar lagi berakhir, mari berdo’a bersama agar amalan kita diterima Allah SWT.🙂

6 Komentar

Filed under Gag jelas

6 responses to “Ide Bisnis di Bulan Ramadhan Yang Tidak Mainstream

  1. Jualan di depan masjid ampuh tu, anak-anak kicik kan makannya banyak. Kalo ga puas sma makanan di mesjid mereka bakalan jajan lagi dong. Hehehhe. Aamiiin, mudah-mudahan amalan puasa kita diterima Alloh SWT…

  2. Apaan itu anak-anak kicik, Ka? Hehe

  3. anak-anak kecil maksudnyah😀

  4. mas ian emang ganteng

    gantengnya sekarat mampus :’)

  5. Iya iya iya gak mainstream kok enggak. Iya iya.. ganteng juga kok iya..

    #komentarmaksa

  6. abang satu ini makin ganteng deh🙂

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s