Berbagai Macam Pengertian ‘Cinta’

photo

Well, setelah lama tidak membahas tentang cinta, kali ini mendadak perut saya mulas dan ingin membahasnya. Semuanya gara-gara Aan Mansyur, tulisannya tentang bahasa cinta, telah membuat saya kembali tertarik dengan cinta (atau mungkin jatuh cinta lagi?).

Di dalam tulisannya, Aan Mansyur memberikan ilmu baru yang menurut saya harus disimpan dengan baik. Akan sangat disayangkan jika pengetahuan itu hilang ditelan waktu dan kesibukan sehari-hari saya. Saya berpikir untuk menulisnya di catatan ringan, namun setelah dipikir lebih lama, sepertinya mencatat di blog, bisa lebih bermakna. Selain nambah-nambahin postingan, catatan ini mungkin juga bisa dinikmati oleh kamu, para pencari makna cinta.

Jadi apa sebenarnya ilmu baru yang diberikan Aan Mansyur kepada saya tentang cinta itu? Sebelum ke sana, izinkan saya bercerita sedikit tentang kegalauan saya soal cinta.

Kamu tahu Key Savorie? Salah satu pendiri hitman system, sebuah kelas cinta yang mengajari banyak hal tentang cinta. Saya suka dengan materi dan cara berpikir mereka, meskipun jika sudah menyangkut Tuhan, saya akan jauh-jauh dari mereka, haha. Key, dalam suatu kesempatan di twitternya pernah bertanya: (parafrase) apa beda antara cinta dan sayang?

Pertanyaan yang menarik itu pun, seperti biasa mendapat tanggapan yang menarik dari para followernya. Banyak yang menjawab dengan jawaban mainstream: sayang lebih tinggi tingkatannya daripada cinta. Banyak juga jawaban lain, dengan bahasa yang berbunga-bunga. Hingga akhirnya Key menutup dengan tweet yang menurut saya sangat cerdas: “Semua orang memiliki pandangan yang berbeda tentang cinta. Artinya, kita tidak memiliki definisi cinta yang sebenarnya.” Ya, itu juga parafrase. Kurang lebih itulah yang dikatakannya. And yeah, his point is absolutely right.

Kita memang tidak dapat memaknai cinta dengan sama bukan? Setiap orang memiliki cinta versinya sendiri. Cinta untuk saya, dan cinta untuk kamu, barangkali berbeda.

Nah, kembali pada ilmu baru yang saya dapat dari Aan Mansyur tadi. Ternyata, permasalahan itu sudah dibahas dan dikategorikan secara apik oleh para ilmuwan Yunani.

Yunani sudah memiliki kategori tentang cinta. Dan itulah ilmu baru yang saya maksud di awal tulisan tadi.

Dan inilah, beberapa pengertian tentang cinta yang sudah dikategorikan:

1. Eros

Eros bagi saya terdengar seperti erotis. Dan yah, artinya memang tidak jauh-jauh dari itu. Eros adalah jenis cinta yang menempatkan hasrat seksual sebagai alasan utamanya. Kamu merasa cinta pada saya gara-gara melihat otot bisep saya yang seksi? Mungkin itu termasuk dalam cinta eros ini.

2. Philia

Jika kamu suka komik seperti one piece, atau film Indonesia macam Catatan Akhir Sekolah, mungkin philia adalah tipe cinta yang digunakan. Yap, philia adalah cinta yang mengekspresikan persahabatan dan persaudaraan.

3.  Ludus

Ternyata cinta monyet sudah ada sejak dulu. Ludus adalah tipe cinta yang kekanak-kanakan.

4. Agape

Agape adalah cinta yang terbilang radikal. Karena cinta ini tidak hanya terbatas pada manusia, tapi juga mahluk hidup lainnya. Bukan, maksud saya bukan seperti kasus seorang lelaki yang ‘memperkosa’ ayam tetangganya. Cinta ini lebih bersifat empati. Jadi, jika saat ini kita merasa memiliki cinta untuk korban gunung Sinabung dan Kelud, itu adalah bentuk cinta agape ini. Atau jika kita merasa empati terhadap hewan dan tumbuhan yang semakin kesulitan menemukan tempat tinggal karena hutan terus digerus, itu juga termasuk. Soal itu, saya juga sempat membahasnya, tentang mirisnya hutan Indonesia ini.

5. Pragma

Nah, kalau pragma ini adalah jenis cinta yang lebih dewasa. Dia tidak melulu soal sex seperti eros. Atau terlalu kekanak-kanakan seperti ludus. Pragma ini sifatnya lebih dewasa. Jenis cinta antara suami dan istri yang membuatnya dapat bertahan. Stand in love, bukan fall in love, kata Eric Fromm.

6. Philautia

Ini adalah jenis cinta yang mungkin saya miliki cukup besar. Cinta pada diri sendiri. Kamu juga punya?

Btw, saya mohon maaf jika gambarnya sama sekali tidak nyambung. Tangan saya tiba-tiba bergerak sendiri ketika melihat wajah Yoona di library saya. Ada yang tahu ini jenis cinta yang seperti apa?

4 Komentar

Filed under Sehari-hari

4 responses to “Berbagai Macam Pengertian ‘Cinta’

  1. Kata saya,
    Cinta itu cuma sekedar omongan aja, semacam i love you atau saya cinta kamu, dan bisa disampaikan kepada siapapun. Tak perlu ada perilaku dari perasaan sayang atau tidak.

  2. Agfian Muntaha

    Fasya: hemm, saya cinta kamu aja deh,😀

  3. Agfian Muntaha

    haha, tapi idolanya gak tau saya ada😦

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

