Perkenalkan, Mumun Namanya

IMG_3386

Namanya Munadiyan Nurhuda -orang-orang lebih sering memanggilnya Diyan- seorang pemuda harapan keluarga, dari Purworejo. Seorang teman seperjuangan yang tak tahu malu, bahkan kadang menyeretku dalam dunianya yang tak tahu malu, haha.

Dia adalah orang yang pintar, seorang kreatif yang memahami angka. Seorang pengukur yang gemar berimajinasi. Sebuah fakta yang tidak bisa kita ketahui dengan singkat jika hanya sebentar bertemu dengannya. Yah, otak pintarnya memang dikamuflasekan dengan baik melalui personanya yang seolah-olah konyol dan mirip Samo Houng (semoga tulisannya benar) ketika berperan menjadi seorang idiot adik Jackie Chan. Jadi, jika kamu bertemu dengan dia, hati-hatilah, kamu pasti akan tertipu.

Masa kuliahnya mungkin bukan masa paling cemerlang dalam hidupnya. Maksudku, IPnya sempat anjlok di awal-awal kuliah (mungkin perlu kugaris bawahi, sebelum kenal aku? Haha), lulus tidak tepat waktu, dan prestasi di luar kuliah yang biasa-biasa saja. Tapi, pada kenyataannya sekarang dia telah berhasil melewati masa-masa sulit itu. Dan aku yakin, waktu bagi dia untuk perlahan meraih apa yang diimpikan akan segera datang, semoga.🙂

Pertama kali mengenal dia, sungguh, demi Tuhan aku yakin dia adalah kakak angkatanku. Minimal lebih tua lah dari aku. Tapi kenyataannya, dia justru lebih muda dari aku. Saat itu, aku dan dia sama-sama ikut pelatihan di Kopma UGM. Kami sama-sama peserta, tapi aku tidak tahu kalau dia adalah setara dengan aku. Apalagi saat aku melihat dia berbincang dengan para panitia. Buset ni om-om ngapain ikut acara beginian? Batinku.

Beberapa jam berlalu, aku masih jarang berkomunikasi dengannya. Sampai datang waktunya materi dari seorang senior yang saya kagumi, Mas Sandy. Mas Sandy memberikan semacam ice breaking kepada para peserta. Namanya kalau tidak salah adalah game cermin, di mana kami para peserta harus mendapatkan pasangan, lalu salah satu dari kami harus menjadi cermin dari pasangan. Apapun yang pasangan lakukan, si cermin itu harus mengikutinya. Adalah sebuah kebetulan, jika kemudian aku ‘terpaksa’ harus berpasangan dengan Munadiyan.

Lalu datanglah instruksi dari Mas Sandy. Aku menjadi orang dan Munadiyan menjadi Cermin. Aku harus memainkan ekspresi bahagia. Aku tertawa dalam hati. Lumayan bisa ngajak si gendut ini loncat-loncat. Batinku. Dan begitulah, aku mengekspresikan kebahagiaanku dengan sangat lebay, meloncat ke sana-ke mari, menjerit sekeras-kerasnya, dan aku melihat dia berkeringat untuk mengikutiku. HAHAHA!😀

Tapi akhirnya tibalah masa pembalasan. Sekarang aku harus menjadi cermin dari dia. Dia diharuskan mengekpresikan kesedihan. Dan kamu tahu apa yang kemudian dia lakukan? Dia bergulung-gulung, meringkuk, sambil terus memegangi kepala. Ini orang sedih apa sakit gigi? Batinku. Kamu mah enak, badan bulet gulung-gulung gak kena tulang, lah gue? Setiap kali gulung, bunyi cetak-cetok gara-gara tulang gue benturan ama lantai. Sial! Batinku lagi.

Dari situ, aku mulai mengenal dirinya, hingga kemudian takdir membawa kita pada waktu yang dihabiskan bersama. Berkarya bersama, diinjak-injak bersama, merangkak bersama, hingga sekarang, aku melihatnya sudah terbang bebas.

Dia adalah seorang pemalas sejati, namun akan menjadi orang paling rajin di saat dibutuhkan.

Dia adalah seorang oportunis sejati, namun akan menjadi orang paling dermawan di saat yang tidak kita duga.

Dia adalah temanku, Munadiyan Nurhuda.

Perkenalkan, Mumun namanya, orang yang tak pernah bisa move on dari penggusuran Markas KDC.

And he is just simply the best Mumun that i ever know!

Selamat ulang tahun bro, kalau tidak salah ini ulang tahunmu yang ke 23 ya? *lupa dan sengaja melupakan diri karena gak terima sama kenyataan kalau kamu lebih muda dari aku, haha*

4 Komentar

Filed under Friends

4 responses to “Perkenalkan, Mumun Namanya

  1. Kalau saya ulangtahun tulisin begini juga ya Ian, hahaha

  2. Hahahaha feel the brotherhood in the air🙂

  3. Agfian Muntaha

    ulang tahunnya fasya kapan aja aku gak tahu, haha😀

  4. Agfian Muntaha

    hahaha, thanks eka😀

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s