Uniknya Lagu Bruno Mars

foto-rip-curl-festival

Beberapa tahun terakhir, nama Bruno Mars memang selalu masuk dalam kategori penyanyi berbakat di dunia. Lagu-lagunya yang enak didengar, serta memiliki arti yang bagi kebanyakan orang romantis, membuatnya cukup digemari oleh anak muda.

Saya sendiri sebenarnya bukanlah penggemar dan penikmat lagu-lagu dari Bruno Mars. Saya memang suka lirik dari single pertamanya yang ada bunyinya, “Cause you’re beautiful, just the way you are.” (saya lupa judulnya dan sedang malas untuk sekedar googling, hehe). Liriknya gombal banget menurut saya, tapi udah, gitu aja. Saya gak begitu suka model lagu seperti itu, saya lebih suka model lagunya Didi Kempot. Iya, ini memang masalah selera saja. Kenyataannya, lagu Bruno Mars memang bagus-bagus. Siapa yang tak tahu lagu Grenade yang dibawakan oleh Fatin di X-Factor?

Simpelnya, lagu Bruno Mars memang sangatlah bagus, tapi saya tidak begitu suka.

Namun semua berubah sejak saya mendengar lagunya yang berjudul, “When i was your man.” Faak, lagu itu ngena banget buat saya, haha! Saya pun setiap hari mendengarkan lagu itu secara gratis via Youtube, tidak beli CD ataupun beli via iTunes, hehe. Lagunya bagus dan saya suka.

Cuma, yang selalu jadi masalah dalam setiap lagu berkualitas di barat adalah, lagu-lagu itu dinyanyikan dengan teknik yang komplek, dan sama sekali tidak simpel. Perpindahan nada dari satu bait ke bait lainnya tuh susah banget. Dan hal itu membuat saya selalu kesulitan tiap kali berniat menyanyikan lagu “When i was your man” di setiap kesempatan karaokean.

Saya pernah sekali mencoba menyanyikannya. Endingnya saya nyerah, vocalnya saya hidupkan, daripada kebanyakan nada yang fals, hehe.

Mungkin ini yang membuat musik Indonesia dengan luar cukup berbeda. Bukannya mau menjelek-jelekkan bangsa sendiri, tapi kenyataannya, musik-musik yang banyak disukai di Indonesia adalah musik yang simpel dengan kunci gitar yang sama dari awal sampai akhir, hehe.

Lihat aja lagu-lagu yang terkenal di kebanyakan acara tivi, lalu lihat kuncinya, kebanyakan gampang kan? Iya kan? Istilah kerennya sih jadi easy listening gitu. Dan emang, lagu-lagu seperti itu kalau dinyanyiin di karaokean jadi enak, hehe.

Sedangkan lagu barat biasanya banyak sekali improvisasinya, membuat lagu itu susah kalau mau dicover sama penyanyi medioker seperti saya. Memang, tipikal penyani barat itu dapat menyanyikan lagu dengan gaya yang susah ditiru. Di Indonesia juga banyak sih yang begitu, tapi sepertinya lebih laku yang lagunya gampang dicover, hehe.

Kalau musik Korea, saya suka lagunya SNSD. Gak bisa nyanyi dan kadang gak tahu apa arti lagunya sih, yang penting bisa lihat orangnya, haha. #GakPenting

4 Komentar

Filed under Freedom to speak

4 responses to “Uniknya Lagu Bruno Mars

  1. Iya lagu bruno mars enak-enak, lebih enak dinyanyiin bareng sama kamu hahaha. Ah jadi pengen karokean, tapi semester ini jadwalnya padat, menyebalkan:/

  2. Agfian Muntaha

    egag ah, aku ngeliatin kamu nyanyi aja, haha😀

    ohh, sibuk ya, pantes soundcloudnya gak ada yang baru, padahal kutungguin😦

  3. Firas

    Ciyaaahaha suka snsd, saya juga wkwk

  4. Agfian Muntaha

    berarti kita masih normal bung firas😀

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

