5 Hal yang Banyak Disesali Orang Sebelum Meninggal

 

old coupleSaya yakin, kita semua yang saat ini bisa membaca tulisan ini, adalah seorang manusia yang hidup. Dan setiap dari kita, memiliki cara hidup masing-masing. Apakah itu menjadi seorang alim yang beribadah setiap saat, seorang anak nakal yang bangga dengan tattoo dan piercingnya, seorang biasa yang ingin hidup bahagia dengan keluarganya kelak. Apapun jalan hidup yang kita jalani saat ini, saya harap kita semua menikmatinya.

Namun, kenyataan tidak bisa berbohong. Kita semua pasti pernah mengalami satu hal yang disebut dengan penyesalan. Berapa kali anda mendapati rasa penyesalan itu? Saya cukup sering.

Saya baru saja menemui sebuah fakta yang menarik dari sebuah sumber. Bahwa ada 5 hal yang banyak disesali orang sebelum meninggal. Fakta ini didapat dari Bronnie Ware, seorang perawat yang merawat orang-orang di masa-masa akhir hidupnya. Dan dia mendapati 5 hal ini. 5 Hal yang saya rasa layak untuk kita renungkan.

Dan inilah 5 hal yang banyak disesali orang sebelum meninggal:

1. Aku berharap dapat menjalani hidup seperti yang kuinginkan, bukan seperti yang diinginkan orang lain.

2. Aku berharap aku tidak bekerja terlalu keras.

3. Aku berharap memiliki keberanian untuk mengekspresikan perasaanku.

4. Aku berharap aku dapat terus berhubungan dengan teman-temanku.

5. Aku berharap aku bisa membiarkan diriku lebih bahagia.

Menakjubkan bukan? Bagaimana 5 hal itu ternyata, juga sedang terjadi beberapa diantara kita.

Seberapa sering kita menjalani hidup karena memenuhi harapan orang lain terhadap diri kita? Seberapa sering kita terpaksa menanggalkan gitar kita dan menggantinya dengan tas kerja kantoran, hanya karena orangtua kita tidak mau melihat kita menjadi anak band? Sebarapa sering kita terpaksa membeli jas mahal dan menaggalkan pakaian santai kita, hanya agar pacar kita tidak meminta putus? Seberapa sering kita berharap memiliki mobil, hanya karena calon mertua ingin kita terlihat kaya?

Begitupun pada poin-poin selanjutnya. Mungkin saja, kita juga akan mengalami penyesalan yang sama. Namun, jika bagi mereka 5 hal itu adalah penyesalan mereka, maka itu berbeda bagi kita. Bagi kita, 5 hal itu mungkin adalah sebuah bagian dari rencana kita. Yap, kita (setidaknya sebagian besar dari kita) masih memiliki kesempatan untuk tidak mengalami penyesalan.

Namun, jangan kemudian kita berpikir bahwa kita tidak akan mengalami penyesalan apapun di dunia ini nantinya. Hidup adalah tentang penyesalan, dan seberapa siap kita menghadapinya. Penyesalan pasti akan datang, entah dalam bentuk apa.🙂

5 Komentar

Filed under Freedom to speak

5 responses to “5 Hal yang Banyak Disesali Orang Sebelum Meninggal

  1. Saya share di twitter yaaa tulisan ini😀

  2. Agfian Muntaha

    silahkaaan, makasih fasyaa \^o^/

  3. enjoy your life.. do what you love, love what you do🙂

  4. Agfian Muntaha

    yup, setuju sekali kak! Makasih sudah berkunjung🙂

  5. Prima Pradani

    “Aku berharap aku tidak bekerja terlalu keras”.
    Degg, itu kayanya yang kerasa sekarang

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

