Cara Melihat Follower Palsu di Sebuah Akun Twitter

new-twitter-logoPenasaran sama follower orang baru yang tiba-tiba banyak? Atau kamu ingin lebih memahami follower akun twittermu sendiri? Inilah cara melihat follower palsu di sebuah akun twitter.

Kamu tahu twitter? Suka twitteran? Suka ngetweet galau sambil curhat terselubung dengan cara meretweet tweet galau dari akun-akun super galau? Atau suka minta folbek sama penulis buku setelah kita beli bukunya? Atau suka mereply tweet bijak dari Presiden dengan bahasa yang alay? Ya, we love twitter!

Sekarang, twitter sudah menjadi semacam gaya hidup tersendiri bagi masyarakat dunia kedua dan pertama. Masyarakat kota di Indonesia yang katanya miskin dan diambang kebangkrutan karena korupsi ini, hampir semuanya melakukan kegiatan tweeting dengan isi yang beragam. Walaupun untuk bisa ngetweet, bukanlah hal yang murah. Minimal kita harus punya gadget dan koneksi, atau kalau di warnet juga harus membayar lebih untuk sebuah koneksi. Tetap saja, ngetweet adalah dianggap sebagai sesuatu yang biasa sekarang ini.

Twitter yang identik dengan burung ini, (lambangnya burung, tweet artinya berkicau, icon home dibuat seperti rumah burung, dan mungkin masih ada yang lainnya) sudah menjadi senjata ampuh pula untuk dunia bisnis. Kemudahan viral yang mungkin terjadi di platform ini, membuat banyak perusahaan menggunakannya sebagai ujung tombak marketing. Usaha anda tidak memiliki akun twitter? Siap-siap bangkrut! Begitu kata para ahli sosial media terkemuka.

Dalam twitter, ada sebuah kata sakti yang seringkali dianggap sebagai tingkat kemahalan sebuah akun. Kata itu adalah: Follower. Ya, semakin banyak follower suatu akun, akan membuat akun itu semakin mahal. Entah untuk dijadikan buzzer, atau untuk dibeli.

Dan karena paradigma itulah, banyak orang/pihak yang melakukan apapun juga untuk mendapatkan follower yang banyak. Ada yang menggunakan cara fair dan normal, yaitu lewat tweet berkualitas yang harapannya akan banyak di-retweet dan menghasilkan efek viral yang besar. Ada pula yang menggunakan cara sedikit modal dan cepat, yaitu mengiklankan akun twitternya melalui buzzer yang sudah memiliki banyak follower. Dan yang paling instant, ada yang membeli follower dalam satuan jumlah. Misal kita membeli 10.000 follower seharga satu juta, maka saat itu juga follower kita akan bertambah. Cepat dan simpel bukan? Itulah yang disebut dengan follower palsu. Dan itu bisa hilang dalam waktu yang tidak kita duga-duga. Ada akun yang kehilangan 30ribu follower dalam satu malam.

Sebenarnya, follower palsu muncul bukan hanya karena kita membeli follower. Ada juga follower palsu yang bisa tiba-tiba muncul tanpa kita sadari. Ada beberapa faktor yang memungkinkannya. Dan itu bisa membuat kita bertanya-tanya bukan, berapa follower palsu yang kita miliki? Penasaran? Tenang, sekarang sudah ada pihak ketiga yang mampu memberikan cara untuk melihat follower palsu di sebuah akun twitter. Salah satu web yang baru saja diluncurkan untuk itu adalah Social Baker.

Klik saja link itu (tenang, bukan referral kok, saya gag lagi ngiklan, cuma berbagin informasi aja, hehe). Dan kita akan langsung menuju ke laman yang diinginkan. Di sana terdapat kolom untuk memasukkan nama akun yang ingin dilihat, misalkan @agfianmuntaha, lalu langsung saja tekan enter dan akan muncul berapa persen follower palsu yang ada pada kita.

Yay, follower saya mayoritas valid, haha :D

Yay, follower saya mayoritas valid, haha😀

Oh, iya, sebelum mengecek follower palsu melalui situs itu, jangan lupa untuk login di akun twitter dulu. Soalnya untuk bisa mengecek follower palsu dari sebuah akun, kita harus meng-authorize apps dulu. Tenang saja, meskipun untuk authorize apps memerlukan akun kita, namun kita tetap bisa melihat follower palsu dari akun-akun lain. Jadi pengen ngecek perkiraan follower dari Tetangga kita yang ngajuin diri jadi caleg juga bisa. Hehe…

Terakhir, kalau kita suka dengan hasil dari pengintaian kita ini, kita dapat men-sharenya di timeline twitter ataupun di status facebook kita. Asik kan? Tapi untuk ketepatan, saya jujur gak berani jamin 100% pasti benar, karena saya juga tidak paham metodologi yang digunakan situs itu. Tapi sejauh yang saya coba selama ini, lumayan bisa dipertanggungjawabkan kok, hehe.

Itu dulu deh share saya seputar cara melihat follower palsu di sebuah akun twitter. Semoga aja bisa membantu. Hayoo, berapa persen follower palsu kamu? :p

Atau kamu punya referensi situs atau layanan lain yang juga memberikan informasi seperti ini? Share aja di comment box, :))

4 Komentar

Filed under Tips dan Trik

4 responses to “Cara Melihat Follower Palsu di Sebuah Akun Twitter

  1. “Usaha anda tidak memiliki akun twitter? Siap-siap bangkrut! Begitu kata para ahli sosial media terkemuka”
    Iya saya setuju sih, soalnya twitter bisa langsung berinteraksi dan melihat respon masyarakat tentang usaha kita. Kalau untuk followers palsu, sebenernya gak terlalu menguntungkan juga. Kita ngetweet sesuatu juga, toh mereka ga akan merespon apa-apa kan hehe

  2. Agfian Muntaha

    iya, mungkin follower palsunya itu buat modal nglamar anak pak Lurah, siapa tau kan, waktu cowok2 mau nglamar, terus ditanyain sama bapaknya, “emang follower kamu berapa kok udah berani nglamar anakku?”

  3. Followers @Cerita_Motivasi brp persen yah kak yang palsu?😀

  4. Agfian Muntaha

    101 % :p

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s