Fungsi Payung dari Masa ke Masa

Fungsi payung

Sekarang ini payung sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Fungsi payung pun sebagian besar sama, yaitu untuk melindungi seseorang dari terjangan hujan ataupun panas. Namun ternyata, saat awal penemuannya payung tidak serta merta difungsikan sebagai penahan hujan. Ada beberapa fungsi unik lain dari payung dari berbagai bangsa.

Di awal penemuannya, yaitu pada masa tiongkok kuno saat akhir pemerintahan dinasti WEI, payung merupakan simbol kedudukan dan posisi masyarakat. Pada masa itulah, payung berfungsi sebagai alat yang digunakan pada upacara-upacara adat yang dilakukan oleh petinggi kerajaan. Payung yang difungsikan seperti itu, disebut sebagai “Payung Luo”. Di mana payung itu merupakan simbol status pejabat istana. Misalnya, payung berwarna hijau untuk pejabat kerajaan yang tidak begitu tinggi, sedangkan kaisar menggunakan payung berwarna kuning dan merah. Payung seperti ini banyak kita lihat di film-film kolosal China.

Sedangkan di masyarakat china sendiri, saat mekanisme dan bentuk payung pertama kali ditemukan dan dipakai, fungsinya justru bukan untuk menghalau hujan. Sebaliknya, payung berfungsi sebagai penahan panas. Hal itu disebabkan karena payung di awal penemuannya masih menggunakan kain dan kertas sebagai bahan baku. Sehingga jika payung terkena hujan, tidak akan mampu menahan air hujan itu, sebaliknya, payung itu justru akan sobek atau rusak.

Lambat laun, payung semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Hingga kemudian masyarakat berhasil menemukan payung yang benar-benar berfungsi dengan baik untuk menahan hujan, yaitu payung dengan bahan lilin sebagai pelapis kertas payung untuk menghalau hujan.

Di Eropa, pada sekitar abad ke 16 payung lebih banyak digunakan oleh wanita sebagai aksesoris. Barulah ketika seorang penulis asal Persia, Jonas Hanway mengenakan payung di publik, maka saat itulah payung juga difungsikan secara maksimal oleh para pria eropa.

Fungsi Payung mengalami perluasan

Seperti kita tahu,, sekarang ini fungsi payung semakin banyak. Tidak terbatas pada penahan hujan saja. Payung juga difungsikan untuk berbagai keperluan lain, yang tidak jauh-jauh dari fashion. Ya, payung kini banyak digunakan sebagai aksesoris dalam berbagai kegiatan fashion, apakah itu fashion show, photo session, iklan, dan lain-lain. Payung seringkali difungsikan menjadi properti pemanis yang membuat gambar terlihat lebih glamour dan elegan.

Selain itu, payung kini juga difungsikan sebagai media promosi untuk perusahaan. Payung yang merupakan media bergerak, dianggap sangat menguntungkan sebagai media promosi. Selain itu, beriklan di dalam payung juga bebas pajak. Karena itulah, fungsi payung sebagai media promosi kini sudah tidak terhindarkan lagi.

Berdasar itu, kini semakin banyak perusahaan penyedia payung yang dapat difungsikan sebagai media promosi. Salah satunya adalah Cera Production.

2 Komentar

Filed under Freedom to speak

2 responses to “Fungsi Payung dari Masa ke Masa

  1. wah .. postingannya tepat nih buat dgn musimnya🙂

  2. Cah cah… Yg lagi promote…
    Bagus bagus..🙂

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s