Pekerjaan Hebat

Sebuah pertanyaan yang sering mengusik saya adalah : “Lebih hebat mana, pengusaha apa karyawan/pekerja?” Dan berdasar dari kegundahan itulah, saya menulis tulisan agak ‘nyolot’ ini.

Memang sih, seorang pengusaha itu hebat. Hampir semua ahli dan penulis buku setuju, bahwa kalau kita ingin kaya, kita akan lebih mudah meraihnya dengan menjadi pengusaha. Itu benar. Dan saya sangat setuju dengan pernyataan itu. Namun yang kadang membuat saya geleng-geleng adalah, mengapa kemudian muncul kalimat-kalimat sinis yang mendiskreditkan karyawan dan pekerja? Misalkan jargon-jargon “hari gini masih mau jadi karyawan?” dan lain-lain. Biasanya, orang yang sering mengeluarkann kata-kata seperti itu adalah pengusaha pemula atau orang-orang yang sedang berjuang untuk menjadi pengusaha. Mungkin, bagi mereka yang berkata seperti itu, menjadi pengusaha adalah kebanggaan tersendiri. Dan menjadi karyawan adalah kehinaan tersendiri.

Tapi pernah gag sih orang-orang yang ingin jadi pengusaha ini berpikir, bagaimana kalau usaha mereka nanti besar? Siapa yang akan membantunya menjalankan usahanya? Tentu saja karyawan! Ya, karyawan yang dihina-hina itu! Kalau ada  yang berpikir mencari karyawan jaman sekarang mudah (tenaga kerja di Indonesia banyak), hati-hati loh, nanti bakal tahu susahnya cari karyawan yang pas itu kayag gimana. Hehe…

Dan tahukah teman-teman sekalian, bahwa ada banyak pekerjaan yang menurut saya sangat hebat? Saya mau bahas 3 dulu saja pekerjaan yang menurut saya para pekerja di sana sangat hebat. Ini bukan tentang pengusaha vs pekerja ya, tapi tentang pekerjaan. Catat, pekerjaan. (tahu kan bedanya? Hehe)

1. Pramugari

Teman-teman tahu pramugari kan? Bagi saya, mereka adalah orang paling hebat yang ada di atas pesawat. Pilot juga hebat, tapi pramugari lebih hebat. Kok gitu? Oke deh, sekarang saya ceritain kehebatan-kehebatan pramugari yang menurut saya super sekali itu.

Pramugari itu sudah diseleksi, dan kebanyakan pramugari itu cantik, seksi, dan langsing, setuju? Apa yang terpikirkan kalau kita ngomongin cewek yang cantik, seksi, dan langsing? Ya, kalau saya sih, hal itu identik dengan cewek manja, lemah, kaya, ke salon tiap hari, gag pernah kerja keras, dsb. Tapi beranikah kita menyebut pramugari sebagai bagian dari yang saya sebutkan tadi? TIDAK.

Ya, pramugari itu selalu mengutamakan keselamatan penumpang pesawat dibanding keselamatan diri sendiri. Mereka berjalan mengecek para penumpang sebelum take off, duduk di kursi kecil saat take off, dan kembali berjalan mengecek penumpang sesudah take off. Dimana sebagian penumpang cowok yang gagah mungkin menahan muntah saat itu, si pramugari sudah siap sedia. Hebat gag?

Belum lagi kalau melihat aksi mereka saat video pesawat jatuh. Wuih, pakaian robek tidak mereka pedulikan, yang penting adalah keselamatan pengunjung! Ada gag sih yang lebih profesional dari itu? Keren gag? Kalau kita ngeliat kernet bis saja sudah kelihatan keren, maka pramugari sudah pasti puluhan kali lebih keren. Tapi memang sih, gajinya sebanding dengan bahayanya.🙂

2. Artis Striping Sinetron dan Crew

Ha? Artis? serius nih mereka hebat? Santai, tunggu dulu sob. Biar saya jelaskan alasannya. Dan semoga teman-teman setuju.

Tahu maksudnya striping sinetron kan? Yaitu sinetron yang syutingnya kejar tayang dan ditayangin setiap hari. Jadi rabu mau tayang, mungkin senin/selasa baru syuting, dan terus begitu di har berikutnya. Ngeri kan? Udah kayag sekolah aja, tiap hari dikejar-kejar.

Jadi wajar kan kalau saya bilang artis dan krew striping sinetron itu hebat? Bisa bayangin kan capeknya? Sementara kalau udah jadi, sinetron hasil karya mereka cuma dihina-hina masyarakat. Dianggap sebagai pembodohan, acara sampah, akting kacangan, dan sebagainya. Padahal prosesnya susah dan melelahkan.

Gag percaya kalau melelahkan? Lihat aja Noorman Kameru, dia yang sudah biasa kerja keras di kepolisian aja, bisa tumbang dan jatuh sakit saat menjalani kehidupan sebagai artis. Bisa dibayangin kan susahnya?

Tapi, tetap saja, sinetron kita itu harusnya tidak seperti itu. Karena striping sinetron itu kelihatan banget ngejar profitnya. Kalau respon bagus diperpanjang sampai ceritanya jadi makin gag jelas, nah kalau responnya jelek, di cut secepatnya juga bisa. Tapi akan sangat gag adil kalau kita nyalahin artis dan krewnya, mereka kan cuma ngikutin perintah bos. Bosnya siapa? Siapa ya?

3. Tukang Tambal Ban

Tukang tambal ban itu hebat loh. Gag percaya? Coba deh kamu sedang naik motor, terus tiba-tiba banmu bocor, siapa orang yang paling kamu cari-cari? Apakah dokter operasi plasti paling terkenal di Hollywood? Atau ahli ekonomi nasional yang terkenal? Bukan! Tapi tukang tambal ban. Iya, tukang tambal ban yang sederhana dan kelihatan kere itu.

Tapi bukan itu saja yang bikin dia kelihatan keren. Adalah kejujuran dan dedikasi hampir semua tukang tambal ban yang bikin saya terharu. Coba deh, saat ban kita bocor malem-malem, terus kita nambalin di tempat tukang tambal ban. Saya heran, kenapa pada saat itu dia tidak berniat jahat? Padahal kan kalau dipikir-pikir, saat itu malem, cuma kita berdua (romantis banget kan?), dan saya dari kota yang jauh, tapi kenapa beliau dengan sabar dan ramah melayani saya dan memberikan harga yang standar pada saya? Subhanallah…

Itu saja contoh-contoh pekerjaan hebat menurut saya. Tentunya ada banyak pekerjaan hebat lainnya. Tapi untuk sementara ya itu dulu, hehe.

Poin dari postingan saya hari ini adalah, jangan berkecil hati dengan apa yang kamu lakukan saat ini. Banggalah dengan karyamu saat ini, dan jangan menganggapnya kecil. Bukan pekerjaanmu yang membuatnya kecil, tapi caramu mengerjakannya! Di lain pihak, jangan sampai juga kamu meremehkan hasil karya orang lain. Karya yang kamu rendahkan itu, bisa jadi merupakan curahan seluruh tenaga yang sangat berharga bagi pelakunya. Dan karya yang menurutmu jelek saat ini, bisa jadi akan diterima oleh masyarakatnya. So, respect yourself and other ya beroh!😀

1 Komentar

Filed under Freedom to speak

One response to “Pekerjaan Hebat

  1. sunawang

    Like this lah. Suerrr.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

