Putus, Lulus, dan Mampus

Putus Lulus dan Mampus

Suatu hari di dunia paralel, terjadilah percakapan antara tiga sahabat yang sedang ngeronda di depan rumah pak RT. Mereka bernama Putus, Lulus, dan Mampus. Masing-masing dari mereka sedang merenung, tentang arti keberadaan mereka bagi mahluk paling aneh di dunia : manusia.

Putus : Heh Lus, Pus, sebenarnya kenapa sih kita ini ada di dunia ini? Padahal setahu gue, kita itu gag diinginin sama manusia di luar sana.

Lulus : Enak aja, siapa bilang kita gag diinginin Tus? Lu tau gag, di luar sana banyak orang-orang yang katanya pinter, pengen banget buat ngedapetin gue. Mereka yang berharap dapet gue itu kebanyakan mahasiswa sama siswa SMA.

Mampus : ….

Putus : Emang iya lus? Masak iya pada pengen ngedapetin elu?

Lulus : Eh ni anak dibilangin kagag percaye. Lihat aja noh para mahasiswa sama siswa SMA, kalau udah ngedeketin ujian, mereka pasti cuma berdo’a satu hal sama Tuhan, yaitu gue! Mereka tetep milih dapetin gue daripada cuma dapat juleha, anak Pak RT yang cakepnya masya Allah! Mereka tetep pilih dapet gue, daripada dapet motor, pasti itu!

Mampus : …

Putus : Wah, gila, hebat juga ya lu, bisa ampe segitunya. Lah gue, kagag bisa seberuntung elu cong!

Lulus : Kok gitu Tus? Ah, lu aja yang gag tahu kali…

Mampus : …

Putus : Ih beneran Lus. Gue ini jadi hal yang paling dihindari sama orang-orang. Kalo nama gue disebut, bawaannya berantem mulu. Kalo ada orang yang ngedapetin gue, pasti temen-temennya pada bilang, ‘kasian’, ‘sabar ya’, ‘masih banyak cowok lain kok’, dan lain-lain Lus. Emang sampah kan gue?

Lulus : Yeee, itu mah elunya aja yang underestimate sama diri lu sendiri Tus! Elu emang gag dicari-cari, tapi lu itu proses yang penting dalam proses kedewasaan manusia. Seorang manusia yang dewasa, pasti milih buat ngedapetin elu daripada mereka menyesal nantinya.

Mampus : …

Putus : Pus, lu kok diem aje? Ah, gag seru banget sih lu!

Lulus : udah sih tus, gag usah diganggu, dia emang suka diem gitu orangnya.

Mampus : …

Putus : Huh, yaudah deh kalo gitu. Eh tapi tadi belum selesai Lus, kok lu bisa bilang orang yang dapet gue itu beruntung? Bingung gue ama lu.

Lulus : Haduuuh, ternyata lu selain jomblo juga lola ya Tus, haha! Udah deh, pikir aja sendiri, manja amat lu!

Putus : Ah, dasar, jelek-jelek pelit lu!

Lulus : Biarin!

Putus : Eh, tapi tus, gara-gara ngobrol sama elu ini, gue jadi lebih kebuka loh Tus. Jadi ternyata bener ya, kita ini masih dibutuhin sama manusia-manusia absurd itu! Haha, keren! Gue jadi bangga lagi nih, walopun kerjanya cuma ngeronda tiap malem di teras pak RT, ternyata gue juga dibutuhin sama umat manusia. Daripada bos-bos yang kerjaannya tiap hari di kantor mewah, ngaku sebagai wakil rakyat, tapi ternyata rakyat gag ngerasa butuh mereka! Haha!

Lulus : Huss, malah ngomongin orang lu Tus! Gag baek, mikir diri sendiri aja noh. Sholat lu tu diperbaikin.

Putus : Alah, sok bijak lu! Kencing aja belum lurus!

Lulus : Cerewet ah, kayag cewek aja lu!

Putus : Eh, tapi tus, gue jadi penasaran deh, kalo kita gag ada, terus manusia itu pada ngapain yak?

Lulus : Maksudnya?

Putus : Ya kalo manusia itu gag lulus sama gag putus, terus mereka dapet apa dong?

Lulus : Ya mampus!

Putus : Lah kok gitu?

Lulus : Orang jaman sekarang kalo gag ngedapetin gue kebanyakan nangis-nangis, nyesel kenapa salah beli jawaban, nyesel kenapa gag dengerin kata orang tua buat buang sampah pada tempatnya. Terus ujung-ujungnya bunuh diri deh. Kasihan…

Putus : Lha kalo gue Lus?

Lulus : Kalo elu? Ya terang aja kalo orang gag dapet elu, orang itu bakalan nikah, terus punya anak, terus makin tua, terus mampus deh.

Putus : Sialan, kalo itu mah semua orang juga bakal gitu Lus!

Lulus : Haha, lagian elu sih, susah amat mikir hidup ini. Dinikmatin aja noh, kayag si mampus tuh! Sante banget idupnya!

Putus : Bener juga ya elu. Emang resp elu bisa idup sante gitu gimana Pus?

Mampus : …

Lulus : Pus! Molor mulu!

Mampus : …

Putus : Pus!

Mampus : …

Lulus : Yah, si mampus udah MAMPUS kayagnya tus!

***

Hikmah dari cerita karangan di atas :

1. Tak peduli seperti apa dirimu, percayalah kamu dapat bermanfaat untuk orang lain.

2. Gag usah kebanyakan mikir soal manfaat apa yang bisa kamu berikan, ACTION!

3. Kematian begitu dekat dengan kita. Apapun keadaanmu sekarang, tetaplah ingat mati.

4. Jangan ngeronda sambil tidur…

4 Komentar

Filed under Full fiksi

4 responses to “Putus, Lulus, dan Mampus

  1. Hahaha … Cerita yang bagus ‘n inspiratif

  2. Ian Bood

    Makasih mas, salam kenal🙂

  3. “Tak peduli seperti apa dirimu, percayalah kamu dapat bermanfaat untuk orang lain.”
    Nice!😀

  4. Ian Bood

    makasih kaka😀 *blushing

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s