Renungan Ramadhan

Kalau perhitungan saya benar, kita sekarang sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadhan. Benar-benar tidak terasa bukan? Setidaknya itulah yang saya rasakan. Karena itu, hari ini saya hanya ingin sedikit merenung tentang ramadhan. Itu saja, tidak lebih.

Sudah benarkah puasaku di ramadhan kali ini? Sudahkah aku menghindari hal-hal yang dilarang oleh Allah di dalam puasaku? Sudahkah aku melaksanakan keutamaan berpuasa yang dianjurkan oleh para ahli agama? Sudahkah puasaku bersih seratus persen, terhindar dari segala nafsu duniawi yang sangat mungkin menyerang jiwa muda nan lemah seperti diriku? Ya Allah, sudahkah kau terima puasaku??

Sudahkah kuperbanyak amalan sunnah di bulan puasa ini? Seberapa sering aku sholat dhuha memohon rejekiMu? Seberapa sering aku melewatkan masa-masa Tarawih di masjid yang konon menjanjikan banyak kemuliaan? Seberapa sering kusentuh dan kubaca ayat-ayat cintamu ya Rabb?

Kitab penuh kasih dan perhatian yang kau turunkan kepada kami lewat utusanMu yang mulia, Muhammad SAW, sudah sering aku campakkan yaa Rahman. Padahal, dalam butiran ayat-ayat penuh kemegahan itu, terdapat janjimu yang kekal. Janji bahwa setiap huruf akan bernilai sepuluh kebaikan di Bulan Ramadhan ini! Sepuluh! Sebuah angka yang luar biasa untuk sebuah tarikan nafas. Bukan, buksan satu tarikan nafas, melainkan, setengah, seperempat, seperlimapuluh tarikan nafas untuk satu huruf! Dan aku masih enggan melakukannya. Ampuni aku yaa Rabb. Ampunilah aku, wahai Engkau yang maha mengampuni. Engkau maha mengampuni, selama hambamu yang kotor mau untuk bertobat.

Ya Allah, sudahkah aku menjadi pribadi yang lebih baik di Ramadhan kali ini? Ya Allah…

5 Komentar

Filed under Sehari-hari

5 responses to “Renungan Ramadhan

  1. hehehe. . .
    hebat bangt mas, udah rajin shalat duhanya. .
    kalau aku belum bisa. . .🙂

    TOP banget.
    Semoga Alloh menerima semua amal ibadah kita semua di bulan ramadahn. aamiin. ^_*

  2. gag terasa udah 10 hari terakhir,
    semangat ramadhan ian!😀

  3. Ian Bood

    Mbak Idah : haha, saya gag bilang kalo udah sering sholat dhuha loh mbak, hehe, aamiin, semoga diterima,😀

    Mery : Iya mer, semangat harus dipompa terus! Semangat!😀

  4. Ian Bood

    iya nih, mana ponakan udah banyak lagi, mesti siap2 ngasi angpao nih, hehe

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s