Micro SD Card tidak terdetect di PC

Beberapa waktu yang lalu, saya dan si cantik berpacaran. (gag penting) Kita jalan-jalan ke salah satu pusat perbelanjaan barang-barang elektronk yang cukup terkenal di Yogya, sebut saja namanya Jogjatronik. Di sana kita bergandeng mesra dan penuh canda. Kita berjalan beriringan layaknya pengantin yang berjalan menuju pelaminan, haha! Oke, sekarang kita lupakan hal-hal bodoh itu, mari kita langsung menuju pokok permasalahan seperti judul postingan ini, Micro SD Card tidak terdetect di PC.
Hal ini bermula ketika si cantik membeli MP3 di toko tersebut. Kemudian mbaknya berkata, bahwa MP3 ini hanya dapat menggunakan eksternal memori berupa Micro SD Card itu, dan tidak ada internal memorinya. Karena si cantik merasa memiliki Micro SD Card, maka diapun enggan untuk membelinya. Namun ternyata, setelah di coba, Micro SD Card yang dimilikinya tidak terdeteksi oleh MP3! Dia kemudian bilang, “Ini emang kalo dimasukkin ke komputer juga gag ke baca.”
Entah kenapa, tiba-tiba saya bilang gini, “Ya udah, biar kucarikan jalan keluarnya, akan kuperbaiki Micro SD Card mu.” Beberapa jam setelah mengatakan itu, saya baru sadar bahwa saya sangat bodoh. Memangnya apa yang saya ketahui tentang Micro SD Card?? Tapi bukan agfian namanya kalau menyerah semudah itu.
Cara pertama yang saya tempuh adalah dengan memformat ulang kartu mini itu. Dengan harapan semuanya akan kembali normal setelah selesai di format. Namun kenyataan berkata lain, Micro SD Card tetap tidak terdetect.
Kemudan saya melihat bahwa Hape yang digunakan si cantik untuk menampung Micro SD Card itu sebelumnya adalah Nokia. Saya jadi ingat bahwa hape Nokia memiliki kecenderungan untuk secara otomatis meminta pengguna untuk memproteksi kartunya, ya Micro SD Card itu. Akhirnya saya meminta si cantik menghapus password yang ada di Micro SD Card itu. Caranya mudah, dengan pilih masuk ke galeri, kemudian pada kartu memori pilih “option”, setelah itu, cukup pilih “delete password”. Kemudian kita akan diarahkan untuk memasukkan password yang telah kita masukkan dulu. Setelah itu maka Micro SD Card kita akan bebas dari proteksi Nokia, dan bisa digunakan seperti biasa.
Pada kasus ini, saya beruntung si cantik masih ingat passwordnya. Masalahnya, bagaimana jika kita kelupaan password kita? Hmm, that quite complicated.
Ada dua solusi, pertama datang ke Nokia Center, minta mereka memecahkan masalah ini. Namun jika tidak bisa, maka kita pakai solusi yang kedua, yaitu : beli Micro SD Card yang baru…
Itulah sedikit tulisan mengenai Micro SD Card tidak terdetect di PC Semoga bermanfaat,🙂

Tinggalkan komentar

Filed under Freedom to speak, pendidikan

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s