KKN Day 30 : come to papa, ramadhan

Tak terasa, sudah genap 30 hari saya menginjakkan kaki di bumi mantren. Tak terasa, sudah 30 hari saya menghirup udara segar bumi Mantren, hawa panas menyengatnya di siang hari, dan sambaran angin malamnya yang membuat mata mengantuk setiap kali mendengar ceramah di pengajian. Tanpa sadar, tubuh ini sekaan menyatu dengan hangatnya sinar matahari yang menyinari Mantren. Nafas saya, sudah seirama dengan perputaran dunia Mantren yang unik. Telinga saya mulai akrab dengan kosa kata khas jawa timur, bahkan, deiksi saya pun mulai condong pada bahasa-bahasa Magetan. Ahh, Mantren, kini engkau terasa sangat dekat.
Dalam 30 hari ini, tentunya saya mengalami berbagai hal baru yang tidak pernah saya alami di Jawa Tengah sebelumnya. Bahasa lebay khas Jawa timur, kata-kata keras dan menghentak, dan budaya pekeweuh yang tidak seketat di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Mantren, tidak bisa tidak, telah memberi saya banyak pengalaman baru.
Namun, perjuangan belum berakhir!
Masih ada satu bulan lagi yang menanti. Dan belum semua program kita selesai, masih ada beberapa progra yang harus diselesaikan. Hutang kita pada masyarakat masih menumpuk. Dan yang paling utama, tantangan untuk melakukan amalan sebanyak-banyaknya di bulan Romadhon ini juga telah menanti di seberang jalan. Saya cukup berdebar-debar menghadapinya. Salah satu yang cukup membuat saya deg-degan adalah pada job desk kita selama ramadhan ini, yaitu mengisi kultum saat sholat tarawih.

2 Komentar

Filed under Freedom to speak, pendidikan

2 responses to “KKN Day 30 : come to papa, ramadhan

  1. Mohd Rosli Ismail

    Assalamualaikum, Mantren ini berhampiran kebonagung, pacitan? maaf ya, saya dari Malaysia

  2. Ian Bood

    wa’aalaikum salam mas, mantren itu dekat dengan madiun, kalau dari pacitan lumayan jauh, sekitar satu atau dua kota lah selisihnya, terimakasih sudah mampir di blog saya mas🙂

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

