KKN day 9 : Zona Nyaman Mulai Terbentuk

Angka 9, adalah angka terbesar yang ada di ilmu manusia. Setelah angka itu, maka siklus akan dikembalikan ke angka 1 dan o, begitu seterusnya. Tentunya, angka ini melambangkan sebuah nyaris kesempurnaan yang nyata. Sebuah kinerja yang terbaik dari seseorang, meskipun tidak menjadi yang terbaik. Di atas langit masih ada langit. Namun angka 9, adalah langit yang menaungi bumi, menaungi lautan. Dalam KKN kita, angka 9 memiliki arti yang berbeda.
KKN kita memasuki hari ke 9 masih belum menunjukkan kesempurnaan. Segala kelemahan masih sering terjadi. Berbagai kekurangan dan ketidaksempurnaan menyertai perjalanan KKN kita. Angka 9, sama sekali tidak merepresentasikan kesempurnaan kita. Namun angka 9, sebaliknya, menunjukkan kerja keras dan kesungguhan kita dalam berkarya.
Di hari ke 9 ini, saya beserta teman-teman memilih untuk membantu menanam sampah agar terurai menjadi pupuk kompos. Pupuk yang terbuat dari bahan organik dan bisa untuk menyuburkan tanaman. Pupuk hebat yang dibuat dengan cara yang hebat pula.
Caranya kurang lebih adalah sebagai berikut : Sampah organik di cacah, lalu di beri zat EM4, yang merupakan bakteri dekomposer. Setelah itu, kita biarkan bakteri menggerogoti tanaman mati itu. Dan biasanya dalam waktu seminggu, pupuk akan siap pakai. Indah sekali bukan? Maha Besar Allah dengan segala ciptaanNya.
Pada proses kali ini, kita cukup dimudahkan oleh hujan yang turun. Karena dengan turunnya hujan telah membuat tanah yang akan kita gali menjadi gembur. Artinya, tanah lebih mudah untuk dicangkul. Sehingga pekerjaan kita tidak terlalu berat. Namun, pada kenyataannya, ternyata mencangkul tanah yang dalam itu sangat sulit sekali. Pekerjaan ini membuka mata saya, bahwa para petani dan pekerja cangkul itu sungguh luar biasa. Ketahanan tubuh dan lengan mereka, kekuatan fisik mereka, dan banyaknya keringat mereka yang berjatuhan, sungguh luar biasa.
Setelah mencangkul selesai, dan sampah sudah ditanam, kita memutuskan untuk bermain voli bersama. Ya, voli kecil-kecilan lah. Setidaknya biar fisik kita sanggup untuk bermain nanti malam. Pada permainan ini, cewek dan cowok berkumpul menjadi satu. Tidak ada perbedaan gender yang diterapkan di sini. Meskipun begitu, tetap saja ceweknya menjadi ‘untul bawang’, haha!
Selesai dari bermain voli (ditandai dengan adzan sholat dhuhur), saya dan radith langsung menuju rumah pintar. Ehm, sebenarnya lebih mirip perpustakaan atau malah gudang buku sih. Di sini saya mendapati kenyataan yang cukup menyakitkan trekait dengan kondisi perpustakaan yang sangat sempit, tidak berlampu, cahaya Cuma mengandalkan dari sela-sela tembok saja, dan rak yang tidak beraturan. Hemm, ini benar-benar merupakan tantangan yang besar bagi kami.
Akhirnya Radith memutuskan untuk sekedar mengeluarkan raknya saja dulu. Yang penting ruangan sudah kosong dan tidak terlihat penuh. Setelah itu, agenda berikutnya adalah memilah buku dan mengecat ruangan. Apakah kami akan berhasil? Mari kita tunggu bersama, hehe.
Kemudian, seperti biasa, saya melakukan kegiatan sore hari di sub unit utara yaitu bimbingan belajar untuk anak-anak kecil. Mata pelajaran kali ini adalah Bahasa dan IPS. Saya sendiri kebagian jatah untuk mengajar kelas 1-3. Haha, saya memang suka mengajar anak yang kecil dan imut-imut. Hari ini, murid saya ada 4. Ada 2 cowok dan 2 cewek. Yang cowok bernama Rian dan Daus. Sedang yang cewek bernama Dora dan Salsa. Sumpah, mereka semua tuh lucu-lucu banget! Aiiiih… (labil)
Memasuki Maghrib, kita berkumpul di tengah untuk makan. Lalu berangkat menuju pengajian pak Samsudin yang merupakan ketua Yayasan Al-Ikhlas. Yayasan yang sudah sangat membantu kami dalam menjalan KKN ini, sekaligus yayasan yang bergerak di bidang pendidikan. Kalau di Solo, mungkin mirip sama yayasan Al-Islam.
Setelah itu, tepat pada malam harinya, kita bertanding voli. Pada pertandingan itu, kita kalah 3-1. Ya, lumayanlah, masih dapat satu set, hehe. Dan tantangan hari esok masih selalu menunggu. Allahu Akbar!

Tinggalkan komentar

Filed under Freedom to speak

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s