Anger INC


Lagu ini sejatinya bukanlah yang termasuk dalam best of ten dalam list saya saat mendengarkan lagu SID. Walaupun sebenarnya musiknya tetap sangat luar biasa dan masih tetap dalam ciri khas SID, namun dalam beberapa hal menurut saya lagu ini tidak sebagus lagu-lagu andalan SID yang terkenal. Walaupun begitu, tetap saja seperti yang saya katakan tadi, this song is awesome!

Dan terlepas dari penilaian saya tadi, tetap saja ada hal menarik yang terkandung dalam lagu ini. Yang paling special di sini adalah lead vocalnya. Yap, that’s right brother, the main singer in this osng is Eka Rock. Padahal, biasanya bassist SID ini hanya menjadi backing vocal dari Bobby Kool. Dan tentu saja, ini membuat saya sebagai pendengar lagu-lagu SID jadi makin tidak bosan. Suara Eka sendiri bisa dibilang sangat khas dan berbeda dengan Bobby dan Jerink, sehingga karakter lagu ini pun menjadi terlihat makin menonjol.

Oke, saya rasa sebaiknya sekarang kita langsung saja masuk kedalam telaah saya terhadap lirik lagu ini. Dan tentunya, sebelum saya mengutarakan pendapat saya, lebih baik kita menyimak terlebih dahulu lirik lagu ini secara detail, check this out.

Oke, lirik diatas saya rasa cukup jelas untuk dilihat oleh brotha n sista yang membaca. Namun, mungkin ada yang kesulitan untuk mengartikannya dalam bahasa kita? Well, itu cukup wajar sih, tidak semua orang bisa berbahasa Inggris dengan baik kan? Dan saya termasuk salah satu di dalamnya mungkin, tapi saya akan berusaha sedikit menyamakan persepsi kita dengan mentranslatekannya ke dalam bahasa Indonesia. Walaupun mungkin tidak akan 100% bener sih, tpi gag papa, mari kita coba dulu,

ini tidak akan sesempurna itu, orang2 membunuh apa yang mereka pelajari
Api yang ketakutan menghilangkan senyum yang ada di wajahku
Ini tidak akan bisa diingat, warna dari orang2 bersinar dengan terang
harga dari ketenaran yang mereka bayar, menghempaskanku untuk apa yang mereka katakan

Sekarang aku telah terkunci di dunia yang penuh dengan jebakan liar ini
Mungkin aku salah. Saat jalan akan terbuka dan aku dapat pergi
Pikiranku masih bernafas di dalam waktu yang terabaikan
Aku tidak akan menyerah, mengangkat darahku

Aku akan pergi ke sebuah tempat
dimana ada seseorang yang dapat membuatku tersenyum
aku masih hilang, tapi tidak dapat berhenti
keberagaman orang memulai peperangan

Dimana yang benar, di mana yang bohong
semua yang mereka miliki adalah tentang harga
meninggalkan kemarahan dan kebohongan yang abadi

Oke, cukup bagus juga ya lagu ini dalam bahasa Indonesia? Memang tampaknya semua personil SID itu dulunya adalah penggemarnya Shakespare, soalnya bahasanya asli nyastra banget cuy! (walaupun untuk yang satu ini, tampaknya dugaan saya pasti sepenuhnya salah, hehe…) Dan lalu apa makna lagu ini menurut saya?

Hmm, dengan lirik yang seberat ini dalam bahasa inggris, tentunya pemaknaannya pun tidak akan bisa begitu sederhana, pastilah sangat dalam. Namun saya akan coba untuk lebih mempersingkatnya, karena saya tidak suka yang panjang-panjang,🙂

Well, menurut saya lagu ini lagi-lagi memang menggambarkan betapa tidaksukanya SID dengan keadaan dunia yang ada sekarang. Mereka menganggap bahwa dunia yang ada sekarang itu sangatlah berbahaya, dan mereka secara terpaksa harus ada di sini. Dan dengan seluruh tenaga mereka, mereka berusaha untuk dapat keluar dari dunia yang seperti itu. Dan jelas yang dimaksud keluar dari dunia ini bukanlah pergi meninggalkan dunia ini, mereka tidak mungkin sebegitu hopelessnya hingga berpikir untuk meninggalkan dunia ini dengan sengaja. Tapi mungkin yang dimaksud keluar dari dunia yang seperti ini adalah lebih pada keinginan mereka dengan cara mereka untuk dapat meninggalkan dan menghilangkan kebusukan yang ada di dunia ini dan menjadikannya menjadi tempat yang dapat membuat mereka tersenyum.

Namun sebenarnya, titik berat dari lagu ini bukanlah untuk menggambarkan impian mereka tersebut, tapi untuk menggambarkan kebobrokan yang ada di dunia ini. Di mana mereka menganggap bahwa sebenarnya yang memulai perang dari manusia adalah perbedaan diantara manusia itu sendiri. Bukan karena perbedaannya tepatnya, tapi karena ketidak bisaan dari manusia untuk menghargai perbedaan tersebut. Dan parahnya lagi dilirik terakhir, semua itu akhirnya mengalir dan bermuara pada sebuah kemarahan dan kebohongan abadi yang akan sangat sulit untuk dihentikan oleh masyarakat dunia ini.

Wow, cukup dalam sekali bukan? Menurut saya, memang seperti itulah cirri khas dari SID, dalam, kritis, dan menusuk! Namun walaupun liriknya seperti itu, mereka tidak pernah lupa untuk memasukkannya dalam sebuah melodi yang asik dan menarik, membuat semua yang mendengarkan dapat langsung ikut berpogo ria!

Yah, itulah pemahaman saya terhadap lagu SID Anger INC, yang tentunya barangkali belum tentu benar. Dan mungkin juga ada banyak brotha n sista yang tidak setuju, dan itu wajar. Kalau sempat boleh juga suara-suara dari teman-teman outsider dan lady rose sekalian untuk dituliskan di comment dibawah, biarkan dunia mendengarnya, haha, sok banget ya? Tapi tak masalah, pede itu perlu,🙂
Thanks….

Tinggalkan komentar

Filed under outsider

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s