Bukan Pahlawan

Sedikit bernostalgia, lagu ini merupakan lagu dari SID yang pertama kali saya dengarkan, dan jujur, saya merasa lagu ini adalah yang terbaik dari SID. Apalagi dalam video klipnya, efek saat intro ditambah sedikit puisi indah dari anak kecil menjadi ornament-ornamen yang semakin memperindah lagu SID. Dan mungkin dari situ, saya merasakan kehebatan SID dan mulai menaruh perhatian lebih terhadap mereka. Thanks to bukan pahlawan!
Ok. Sekarang kita masuk ke intinya, adalah bagaimana pandangan saya tentang pengertian dari lagu bukan pahlawan ini. Sejujurnya, lirik lagu ini cukup berat dan puitis. Dengan kata-kata pemabuk dipelukan pelacur jalanan, bermahkotakan duri tajam, dan kata-kata lainnya, sungguh berat dan filosofis.
Sebelum melangkah kepada pembahasan yang lebih jauh lagi, mari kita simak sama-sama lirik lagu bukan pahlawan ini. Kalau mau dengerin lagunya, dengerin di mp3 masing-masing saja ya, pasti udah punya kan?🙂

Makna yang terkandung di dalam lagu ini sendiri menurut saya adalah sebuah kritik sosial yang dilakukan oleh anak-anak SID terhadap ketidak puasan mereka terhadap keadaan masyarakat yang menurut mereka masih sangat menyedihkan. Kemiskinan merajalela, kebencian dan pertarungan di mana-mana, dan yang terburuk, ketampanan dan keindahan fisik dianggap sebagai raja dari segala-galanya. Bagi mereka, itu semua adalah sekumpulan sampah yang harus diperbaiki, dibuang, dan dilupakan oleh masyarakat. Masyarakat harus maju dan melupakan hal-hal bodoh itu. Dan itulah, kemudian muncul lagu bukan pahlawan sebagai refleksi kebencian dan ketidakpuasan SID.
Wow, cukup keren bukan? Memang sih, tapi jujur saja, itu hanyalah pendapat dari saya saja. Mungkin benar dan mungkin salah. Tapi saya yakin, sebagian besar brotha and sista outsider akan setuju dengan pendapat saya tentang lagu ini di atas. Tapi tentu saja, semuanya terbuka di sini, jika ada brotha and sista yang ingin berpendapat, silahkan tulis comment saja, biarkan dunia mendengar suara kalian, suara kita, suara OUTSIDER dan LADYROSE!!!

5 Komentar

Filed under outsider

5 responses to “Bukan Pahlawan

  1. Sama, lagu SID pertama yg saya denger ya bukan pahlawan….

    Lirik Lagunya nyastra banget, perlu waktu buat mencerna liriknya…
    Awal2 denger sih cuman dinikmatin aja, tapi lama2 ngerti dikit2 apa yg mw mereka ungkapkan dlm lirik itu…

    Intinya dalam lagu itu mereka pengen ngungkapin kalo hidup itu susah, penuh perjuangan dan konflik.

  2. wokkeeee

    mantap lagunya

    dalam maknanya

  3. ex

    yohohhoo… salam outsider bro…
    nice info..

  4. intan

    cantumin puisi yg di bacain ank kcilnya donk .. pliss

  5. wew.. menarik.. keep writing
    btw, ayo tukar link, bos..
    sebelumnya mampir dulu nggih:
    http://ahmadmushofihasan.wordpress.com/

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

