Makna sumpah pemuda bagi pemuda-pemudi jaman sekarang

poster pemuda 2

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928

Kata-kata yang bersejarah bagi semua bangsa Indonesia pada saat itu. Setiap kalimat dari sumpah itu benar-benar membakar setiap hati dari segenap warga Indonesia pada saat itu.

Lalu, bagaimana dengan sekarang? Apa makna kata-kata itu bagi kita sekarang? Para pemuda Indonesia jaman sekarang, yang akan menjadi tonggak perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan global.

Ironis. satu kata yang menurut saya paling tepat untuk menggambarkan betapa kecilnya pengaruh sumpah pemuda bagi pemuda jaman sekarang. Rasa nasionalis yang terkikis. Ketidakpedulian terhadap saudara setanahair yang berbeda daerah. Dan yang paling menyedihkan, pemuda-pemudi jaman sekarang lebih mencintai hal-hal yang berbau luar negeri. Seperti anak “gaul” yang sering sok-sokan memakai bahasa Inggris, padahal mereka tak tahu apa itu past tense, present tense, atau aturan-aturan dasar dan kecil di dalam bahasa inggris lainnya. atau mungkin para mu’alim agama islam yang asyik ber- ane dan ber- antum ria. Padahal mereka tak mengerti apa itu maf’ul, fi’il, ataupun fa’il dengan bagus. Jika alasan mereka menggunakan kata itu karena mereka menganggap agama islam berasal dari arab, dan segala yang berbau arab adalah kebaikan yang mutlak, maaf, saya kurang setuju! Bukan bermaksud untuk menuding, memojokkan, atau menyalahkan bangsa rab. Tapi kita tahu bahwa bangsa arab sendiri juga tidak terlalu sempurna. Banyak adat mereka yang menuju ( kalau tidak mau dibilang termasuk ) bid’ah. Jadi, apa salahnya kita beraku- kamu? Yaah… walaupun mungkin, jika di daerah jabodetabek (atau mungkin sekarang sudah berubah menjadi jadetabek) beraku- kamu bisa berarti pacaran, huhuhuhu….

mengapa kita harus mengkotak-kotakan diri kita? Misalnya dengan menyebut aku jawa, aku sunda, aku batak, atau aku papua mungkin. mengapa kita tidak begitu bangga dengan menyebut aku Indonesia? Yang di masa Majapahit dan Sriwijaya pernah berjaya. Atau pernah menjadi penguasa kancah bulutangkis dunia. Pencetus konferensi tingkat tinggi asia afrika. Pemenang pertempuran melawan sekutu di Surabaya pada tanggal 10 november. Dan seabrek sejarah hebat lainnya. “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya” masih ingat dengan perkataan bung Karno itu?

Namun, kenyataanya malah lain. Kita seakan merasa Indonesia adalah aib bagi kita. Merasa setiap keburukan di negeri ini adalah karena kita “indonesia”. setiap kali ada kebodohan masyarakat yang mendarah daging di dalam diri kita, kita selalu mengatakan, “Yaahh, begitulah, namanya juga orang Indonesia, gag pernah bener…” hentikan itu, jangan menyalahkan orang Indonesia. Karena ingat, setiap kata dari kita adalah do’a.

Tapi, kenyataan memang tidak bisa diubah begitu saja. Pemuda jaman sekarang bukanlah pemuda yang tertindas seperti jaman tahun 1928. Pemuda jaman sekarang bagaikan mayat hidup yang berjalan tanpa arah dan tujuan. Seperti petikan lirik dari lagu endank soekamti yang berjudul In de hoy ini, “pemuda-pemudi di jaman sekarang, pergaulan semakin bebas tidak terkendali, tak perduli siang, tak perduli malam, tak pernah peduli apa kata semua orang!”. Yus, kita kehilangan diri kita kawan!

Ingat kata-kata ini: Punkrock is about being eighteen!! (kutulis dalam bahasa Inggris karena kata-kata ini kudapatkan dari jaket import buatan luar negeri. Hanya untuk menjaga keaslian kug!)

Ya, jadi setua apapun kamu, bagi setiap anak punkrock, tetaplah berpikir layaknya anak muda umur 18 tahun! Anak umur 18 tahun yang penuh semangat, cita-cita, dan harapan!!

Bangkitlah pemuda Indonesia!!

10 tahun reformasi

100 tahun kebangkitan nasional

80 tahun sumpah pemuda

KITA BISA!!!!!!

maaf atas segala kesalahan, ini hanyalah pendapat dari seorang mahasiswa ingusan yang masih dangkal ilmunya, dan perlu banyak belajar lagi.

Namun, semoga tulisan dan pendapat ini dapat menjadi referensi kawan-kawan semua.

CHEERS!!!

3 Komentar

Filed under Freedom to speak

3 responses to “Makna sumpah pemuda bagi pemuda-pemudi jaman sekarang

  1. cah bagus

    hmm….
    pendapat kamu bener juga man!!!

  2. Setuju deh mas…Merdeka atau mati.
    (Tapi namanya kok sumpah Pemuda?kenapa gak sumpah Pemuda-pemudi?)
    he he he canda mas…
    ____________________________________________________________________
    ( http://kluwan.wordpress.com )

  3. berkunjung lagi mas…biar tambah pahala.
    Sukses buat mas…amin.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s