Komako UGM Mengadakan Study Perspektif ke Jakarta

Tanggal 19-23 oktober 2008 akan selalu diingat oleh anggota komako ugm angkatan 2005-2006. Pasalnya, pada hari-hari itu mereka melakukan perjalanan panjang menuju Jakarta dalam rangka melakukan study perspektif. Tempat yang menjadi tujuan mereka pun bukan sembarang tempat. Berbagai perusahaan level nasional atau bahkan internasional mereka datangi.

Beberapa tempat itu antara lain: Antara, yang merupakan kantor berita resmi di Indonesia; Indosat, provider layanan telepon seluler yang terkenal di Indonesia; LSF (lembaga sensor film); TV one dan trans TV, dua stasiun televisi swasta; kompas, surat kabar terbesar di Indonesia; Cosmo magazine dan Tracks magazine, majalah anak muda yang masyhur di ibukota; Fortune Indonesia, sebuah pusat public relation and advertising; dan juga metro TV. Bahkan mereka sempat mengadakan acara nonton bareng di Trans TV. Waktu yang tersedia di dalam masing-masing lokasi pun lumayan lama, 2-2,5 jam. Cukup untuk satu mata kuliah di kampus.

Sebetulnya mereka juga mempunyai rencana untuk pergi ke unilever, perusahaan dengan segudang produk berkualitas luar biasa. Sayang, rencana itu gagal. “Ada sedikit kesalahan jadwal yang dilakukan oleh panitia,” tutur Mas Danu, ketua panitia study perspektif.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuat para calon sarjana ilmu politik ini lebih paham tentang dunia kerja yang nantinya akan mereka geluti. Seperti iklan, public relation, sineas, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang tersedia untuk sarjana ilmu komunikasi.

Disamping itu, kegiatan ini juga berfungsi untuk menyambung silaturahmi antara mahasiswa UGM dengan alumni UGM yang sudah bekerja. Adapun hal itu akan berguna nantinya saat sudah memasuki dunia kerja, karena para mahasiswa itu kini mempunyai beberapa referensi tempat kerja dan link tentunya. “Kekuatan UGM yang terbesar itu ka nada pada koneksinya,” terang salah seorang responden yang tidak mau dituliskan namanya sambil tertawa kecil.

Yang ikut dalam kegiatan ini juga cukup banyak, ada sekitar 52 orang yang tergabung dalam 2 bis ditambah dosen pembimbing 2.

Namun, sebenarnya jumlah itu mengalami penurunan disbanding tahun lalu, yang diikuti oleh 70 orang. Dan menurut mas Danu, pengurangan itu dikarenakan waktu kegiatan yang dipercepat dan cuaca yang tidak menentu. Seperti hujan atau mungkin malah banjirnya Jakarta.

Dan di tahun 80an pun study perspektif ini juga sudah sering dilakukan, dengan tujuan yang berbeda pula. Salah satunya adalah Bandung. Dan dulu pun namanya masih SP. Sedang sekarang namanya sudah dirubah menjadi Sepep.

Namun, kegiatan yang hanya belajar saja tanpa refreshing juga nantinya akan menjemukan. Makanya, mumpung mereka sudah sampai Jakarta, mereka menyempatkan diri untuk mengunjungi Dufan. Sebetulnya lebih tepat dibilang bermain di Dufan. “Buat cari hiburan donk! Masak ke Jakarta isinya cuman belajar?” kata salah seorang responden. Memang acara Sepep adalah acara yang sangat menyenangkan bagi anak komunikasi.

Biayanya pun tidak begitu mahal, hanya 750.000 per orang. Dan itu sudah mencakup biaya untuk menyewa bis.

Tertarik untuk ikut tahun depan? Mungkin masih bias. Tapi tidak semudah tahun ini. Karena, menurut prediksi kak Danu, acara tahun depan akan semakin sulit karena kuota akan bertambah. Di samping itu juga ada masalah dimana tujuan obyek minima; adalah 15 tempat. Dan yang paling susah, adalah masalah waktu. Yang mungkin akan bertabrakan dengan acara KKN, lebaran, dan juga puasa. Lagipula untuk angkatan 2008 sebaiknya jangan bermimpi dulu, soalnya Sepep ini sebenarnya merupakan bagian dari studi ke 19 angkatan semester 7. Jadi sebaiknya jangan terburu-buru.

Tak perlu risau untuk menunggu waktu mengikuti Sepep, sebab di kampus tercinta ini masih banyak tugas yang menunggu. Seperti UTS misalnya. Jadi, angkatan 2008 masih bisa bersabar untuk mengikuti kegiatan itu kan?

Jogja,26 oktober 2008

Muh. Agfian M. A.

08/267689/SP/23027

Komunikasi

Fisipol

Universitas Gajah Mada

Tinggalkan komentar

Filed under pendidikan, tugas

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s