Pesona Cewek Jogja

cewek jogja

cewek jogja yang anggun

Sudah hampir empat tahun saya tinggal di Yogyakarta (tepatnya kurang 15 hari lagi, hehe), dan saya semakin kagum sama cewek-cewek di Jogja. Memang, tak bisa dipungkiri cewek jogja sekarang ini tidak semuanya baik. Ada beberapa yang tidak bisa disebut ‘baik’, tapi yakin deh, yang ‘baik’ itu juga jauuuuh lebih banyak. Nih, beberapa contoh tipe cewek jogja yang menurut saya pantas diacungi jempol:

1. Cewek Jogja peduli budaya

Tak bisa dipungkiri, jogja adalah kota yang masih kuat dengan budaya dan tradisi keraton. Bahkan, jogja merupakan perpaduan antara budaya dengan teknologi. Jogja adalah satu dari sedikit kota di dunia yang mampu mempertahankan budaya untuk mengawal teknologi dan kemajuan zaman. Dan tentu saja, banyak cewek jogja yang berperan untuk itu. :)

Di jogja, banyak cewek yang masih bangga mempelajari tata krama ala kraton yang penuh dengan unggah-ungguh dan kesopanan. Di Jogja, masih banyak cewek yang setiap katanya, setiap perilakunya, setiap keputusannya didasarkan pada adat dan budaya Kasultanan yang luhur.

Ya, di jogja masih banyak cewek yang bertahan pada budaya jawa, budaya yang penuh kesopanan.

2. Cewek Jogja fokus pada pendidikan

Jogja adalah kota pendidikan. Setidaknya itulah yang dipercayai oleh banyak orang. Dengan jumlah universitas yang sangat banyak (sampai-sampai saya lupa berapa jumlahnya #alesan) kota jogja memang layak mendapat predikat tersebut. Dan tentu saja, hal itu berefek langsung pada cewek jogja. Sebagian besar.

Banyak cewek jogja yang mengadu nasib di jogja untuk mendapatkan gelar guna merubah nasib keluarga. Banyak cewek jogja yang meniti karir di Jogja guna meneruskan tradisi emas keluarga. Banyak cewek jogja yang ingin mandiri, tidak tergantung pada lelaki, dan mencari penghasilan sendiri. Untuk mencapainya, para cewek jogja ini tentu harus fokus pada studinya. Karena itulah, banyak cewek jogja yang fokus pada pendidikan.

3. Cewek Jogja peduli pada sesama

Cewek jogja banyak yang peduli pada sesama? Yupz, coba lihat waktu bencana merapi tahun 2010 kemarin. Berapa banyak cewek jogja yang bertahan di jogja, menjadi relawan dan membantu pengungsi di titik-titik rawan? Begitu hebatnya cewek jogja yang mengabdikan hidupnya untuk kebahagiaan orang lain. Psikolog, dokter, pecinta alam, perawat, bahkan cewek jogja yang berprofesi sebagai anak sekolah pun banyak yang berusaha membantu sesamanya. Membantu sesama cewek jogja yang sedang tidak beruntung.

4. Cewek jogja itu pekerja keras

Jogja itu kota yang relatif murah. Biaya hidup di kota ini memang sangat harga mahasiswa sekali. Jika di Jakarta penghasilan 5 juta dianggap sangat pas-pasan. Maka di Jogja penghasilan 3 juta perbulan sudah dianggap cukup. Iyalah, UMR aja cuma 850an ribu kok. Tapi jangan salah, murahnya kota ini tidak membuat cewek jogja menjadi lemah! Cewek jogja itu pekerja keras. Ya, kalimat ini cukup beralasan bagi saya.

Apapun bentuk profesinya, cewek jogja adalah cewek yang bekerja keras untuk hidup. Dari akademisi, profesional, bahkan sampai pramunafsu, semuanya merupakan pekerja keras. Tapi memang, tidak semuanya berkonotasi positif. Kerja kerasnya bisa juga yang negatif. Tapi well, setidaknya kerja keras menunjukan ‘kelas’ para cewek jogja bukan?

See? Banyak sekali hal positif yang ada pada cewek jogja bukan? Walaupun memang, tidak dapat kita pungkiri masih banyak cewek jogja yang tidak positif. Tap setidaknya, kita juga harus tahu, bahwa cewek jogja bukanlah kata yang harus dikonotasikan dengan negatif. Cewek Jogja adalah kata yang terlalu umum untuk sebuah sikap dan nilai, karena itu, semua kembali pada pribadi masing-masing para cewek jogja (jawaban favorit mahasiswa ilmu sosial kalau sudah kepepet, haha).

Terakhir, postingan ini saya dedikasikan untuk komunitas blogger jogja yang ingin menunjukan kepeduliannya terhadap konten positif terhadap keyword ‘cewek jogja’ di google yang sekarang ini sangat miris kondisinya. Terinspirasi oleh tulisan dari pakne afif dan elang ajib salut dan respek buat masdab deh! Tepuk tangan! ( biar makin rame tepuk tangannya, ane panggilin pasukan sahur bang! :D )

About these ads

10 Komentar

Filed under pendidikan

10 responses to “Pesona Cewek Jogja

  1. Blogger cewek

    cewek jogja emang sip!

  2. Ping-balik: KBJ Peduli Konten Positif | Komunitas Blogger Jogja

  3. Wah, benar-benar hebat kalo semuanya betul :D

  4. konten positif, mari kita galakkan untuk memperbaiki image jogja

  5. Ping-balik: Pembersihan Keyword “Cewek Jogja” Oleh Komunitas Blogger Jogja | The Technopreneur

  6. Ian Bood

    haha, insya Allah bero, :D

  7. Cewek jogja yang aku kenal, mereka fashionable. :)

  8. Ian Bood

    kalo cowoknya ganteng2 loh mbak :D

  9. Eheeeeeeeeeeeem. .
    Cowoknya nakutiiiiiin.
    Apalagi yang suka duduk di malioboro dan tugu. wkawkkwkwwk

  10. Ping-balik: Ngomongin Bullying | Kacamata Om Bodong

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s