Kembali Melihat Sejarah NII Milik Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo Dari Berbagai Sudut

•    Sekilas Tentang SM Kartosuwiryo
Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo atau yang biasa disebut SM Kartosuwiryo mungkin bukanlah orang yang asing bagi kita, terutama para sejarawan pasti sangat mengenal beliau. Karena itu, di sini saya tidak akan membahas SM Kartosuwiryo terlalu panjang, melainkan hanya menyentuh pada bagian-bagian yang mungkin mempunyai pengaruh dalam karir politiknya di NII atau DI/TII.
Kartosuwiryo Memulai karirnya di Serikat Dagang Islam (SDI), lalu melanjutkannya di Serikat Islam (SI), dan setelah itu beliau mengikuti Partai Islam Indonesia (PII), Masyumi, baru akhirnya membentuk DI/TII.
jadi, sebenarnya perjalanan Kartosuwiryo untuk membentuk DI/TII itu bukanlah sesuatu yang instan dan terjadi begitu saja. Beliau bukannya bangun dari tidurnya disuatu pagi dan langsung berpikir, ”Aku akan membentuk negara Islam!”, melainkan hasil dari pemikiran dan pertimbangan beliau yang menyatukan antara otak cerdasnya dan pemahaman agamanya yang memang dalam. Dan itu adalah cita-cita yang sudah ada sejak lama dari dalam dirinya.
Kartosuwiryo juga terkenal tidak pernah akur –kalau tidak mau dibilang benci- dengan Soekarno. Salah satu kata-katanya yang terkenal dan paling pas untuk menggambarkan kebenciannya adalah pada saat beliau sudah tertangkap dan dipenjara, lalu dijatuhi hukuman mati, lalu Mahkamah Agung (Mahadper) menawarkan untuk mengajukan permohonan grasi (pengampunan) kepada presiden Soekarno, supaya hukuman mati yang telah dijatuhkan kepadanya dibatalkan, namun dengan sikap ksatria ia menjawab,” Saya tidak akan pernah meminta ampun kepada manusia yang bernama Soekarno”.
Dan menurut saya, hanya itu saja pengenalan terhadap Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo, karena jika kita terus membahasnya maka tidak akan ada habisnya cerita tentang SM Kartosuwiryo.
•    NII
Negara Islam Indonesia (disingkat NII; juga dikenal dengan nama Darul Islam atau DI)yang artinya Rumah Islam adalah gerakan politik yang diproklamasikan pada 7 Agustus 1949 (12 Sjawal 1368) oleh Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo di di desa Cisampah, kecamatan Ciawiligar, kawedanan Cisayong Tasikmalaya, Jawa Barat.
Gerakan ini bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara teokrasi dengan agama Islam sebagai dasar negara. Dalam proklamasinya bahwa “Hukum yang berlaku dalam Negara Islam Indonesia adalah Hukum Islam”, lebih jelas lagi dalam undang-undangnya dinyatakan bahwa “Negara berdasarkan Islam” dan “Hukum yang tertinggi adalah Al Quran dan Hadits”. Proklamasi Negara Islam Indonesia dengan tegas menyatakan kewajiban negara untuk memproduk undang-undang yang berlandaskan syari’at Islam, dan penolakan yang keras terhadap ideologi selain Alqur’an dan Hadits Shahih, yang mereka sebut dengan “hukum kafir”, sesuai dalam Qur’aan Surah 5. Al-Maidah, ayat 145.
Gerakan ini juga bahkan mempunyai proklamasi sendiri, yang tidak terlalu jauh berbeda dengan proklamasi RI pada tanggal 17 Agustus 1945, isinya adalah,
PROKLAMASI
Berdirinja NEGARA ISLAM INDONESIA

Bismillahirrahmanirrahim Asjhadoe anla ilaha illallah wa asjhadoe anna Moehammadar Rasoeloellah
Kami, Oemmat Islam Bangsa Indonesia MENJATAKAN:
Berdirinja ,,NEGARA ISLAM INDONESIA”
Maka hoekoem jang berlakoe atas Negara Islam Indonesia itoe, ialah: HOEKOEM ISLAM
Allahoe Akbar! Allahoe Akbar! Allahoe Akbar!

Atas nama Oemmat Islam Bangsa Indonesia
Imam NEGARA ISLAM INDONESIA
Ttd
(S M KARTOSOEWIRJO)
MADINAH-INDONESIA, 12 Sjawal 1368 / 7 Agoestoes 1949

•    Kisah NII dari Berbagai Sumber, Mana Yang Benar?
Setelah kita membahas latar belakang dari NII maupun pendirinya, yaitu SM Kartosuwiryo, sekarang kita tiba pada bagian yang menurut saya adalah bagian inti dari paper saya ini.
Kisah dari sumber yang pertama, tentulah sangat kita kenal. Selain itu dikarenakan adalah berita resmi dari pemerintah juga karena cerita tentang NII itu dijadikan masuk dalam kurikulum pelajaran sejarah dan tertulis di buku-buku pelajaran sejarah. Ya, cerita ini bersumber dari pemerintah, baik orde lama ataupun orde baru.
Dalam kisah garis besarnya, mereka mengatakan bahwa NII adalah sebuah gerakan pemberontak yang berpotensi menghancurkan keutuhan bangsa Indonesia. Gerakan pemberontakan yang tidak terlalu jauh beda dengan pemberontakan Ratu Adil, dan bahkan PKI. Gerakan ini disebut sebagai gerakan terlarang dan sesat. Dan dari sumber dan sudut ini pun, cerita dan data tentang Kartosuwirto banyak yang dihilangkan, guna menjauhkan ingatan masyarakat terhadap Kartosuwiryo dan gerakannya.
Itulah beberapa hal penting dari sudut pandang yang pertama mengenai NII. Karena saya yakin pandangan ini sudah banyak kita ketahui. ( karena mungkin waktu SMA dulu kita harus menghapalnya untuk mendapat nilai 9 di rapot)
Lalu selanjutnya adalah sudut pandang yang kedua, yang berbeda 180 derajat dibanding sudut pandang yang pertama. Sudut pandang yang kedua ini saya dapat dari buku Pengantar Pemikiran Politik Proklamator Negara Isalam Indonesia S.M. Kartosoewirjo, karangan dari Al Chaidar. Dan juga sebuah situs beralamatkan () .
Di situ, kisah tentang NII ternyata sangatlah berbeda dari sudut pandang yang pertama / pemerintah. Dalam pandangan mereka, NII adalah sebuah gerakan suci yang tidak hanya mementingkan nafsu dan impian serta ambisi dari SM Kartosuwiryo semata. Bahkan, disebutkan didalamnya bahwa gerakan NII yang dibentuk oleh SM Kartosuwiryo itu adalah sebuah gerakan yang menyelamatkan kedaulatan daripada NKRI dihadapan imperialis Belanda dan Dunia. Karena, pasca perjanjian renville pada tahun 1949 yang berakibat daerah kekuasaan Indonesia hanya meliputi Jogja dan sekitarnya – dan itupun masih dipersengketakan antara Belanda dan Indonesia- sehingga kekuasaan NKRI saat itu nyaris tidak ada dan hanya berbentuk negara-negara serikat saja, dimana saat itu Soekarno hanya bisa memerintahkan rakyat Indonesia untuk pindah dan mengungsi –walaupun dalam pidatonya, Soekarno mengatakan bahwa itu adalah ”hijrah”- NII dan Kartosuwiryo justru bertahan dan berusaha mempertahankan wilayah Jawa Barat. Kartosuwiryo bahkan menyebut Soekarno dan pengikutnya adalah pasukan liar yang kabur dari medan perang. –walaupun dalam lanjutannya, pindahnya Soekarno ke Jogjakarta adalah awal terbentuknya kampus UGM yang tercinta ini-. Dan dengan menggunakan metode hijrah milik Kartosuwiryo yang non cooperative terhadap Belanda, akhirnya NII diproklamasikan di bawah bendera ”Bismillahirrahmaanirrahiim”. Namun, dalam proklamasi itu, menurut mereka (para penulis blog, red) jika kita tidak memperhatikan rentetan sejarah yang terjadi, maka kita pasti akan menyangka bahwa NII adalah negara yang berdiri di dalam negara.
Namun sebenamya jika kita memahami sejarah secara benar dan adil, maka kedudukan Negara Islam Indonesia dan RI adalah negara dengan negara. Karena negara RI hanya tinggal wilayah Yogyakarta waktu itu, sementara Negara Islam Indonesia berada di Jawa Barat dan mengalami ekspansi (pemekaran) wilayah. Daerah Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Aceh mendukung berdirinya Negara Islam Indonesia. Dan dukungan itu bukan hanya berupa pernyataan atau retorika belaka, tapi ikut bergabung secara revolusional. Barangkakali benar, bahwa Negara Islam Indonesia adalah satu-satunya gerakan rakyat yang disambut demikian meriah di beberapa daerah di indonesia.
Jadi, sangat jelas sekali bukan perbedaan antara dua sudut pandang itu? Bahkan, sudut pandang kedua mengatakan dengan lantang bahwa cerita mengenai NII yang dikeluarkan oleh pemerintah dan terdapat dalam buku-buku pelajaran sejarah yang kita pelajari adalah sebuah kebohongan publik. Sebuah bentuk kedzaliman dari pemerintah Orla dan Orba terhadap Kartosuwiryo.
Dan setelah kita mendengar dan membaca dua cerita, pendapat dan sudut pandang dari kedua sumber tadi, manakah yang paling benar? Sebenarnya, pertanyaan itu cukup sulit dijawab. Walaupun saya mengakui bahwa saya agak condong percaya pada sumber kedua, karena selain teori mereka yang cukup masuk akal di otak saya, namun saya tidak bisa mengatakan bahwa pendapat kedua adalah yang paling benar. Alasannya jelas, yang mengemukakan pendapat kedua adalah seorang masyarakat awam yang menampilkan pemikirannya di blog pribadi yang tentunya kebenarannya tidak dapt kita percaya begitu saja. Bandingkan dengan pemerintah, walaupun secara teori agak lemah, tapi mereka adalah orang yang berkuasa pada zaman itu. Mampu mendapat sumber dari manapun di negeri ini, dan walau bagaimanapun juga, mereka adalah founding father yang sah di negeri kita ini Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Jadi, jika anda berharap mendapat jawaban tentang pendapat yang terbaik dari paper saya ini, saya dengan menyesal mengatakan tidak akan bisa. Itu adalah sebuah masalah negara yang cukup besar dan berpotensi menimbulkan polemik. Kapasitas saya yang ”hanya” seorang mahasiswa semester 1 jelas tidak mencukupi untuk menjawabnya. Saya sebenarnya bisa menjawabnya, namun pada akhirnya jawaban yang saya keluarkan hanyalah sebuah jawaban pribadi yang emosional dengan pemahaman yang dangkal, tidak cukup untuk referensi siapapun. Saya rasa.
•    Pengaruh Kisah NII Bagi Politik dan Pemerintahan Indonesia Sekarang
Sepertinya sudah terlalu banyak kita membahas tentang perbedaan versi cerita tentang NII. Karena itu, dalam bagian ini saya tidak akan menyertakan sudut pandang yang kedua –yang membela NII- sebagai perhitungan. Alasannya jelas, sebagian masyarakat Indonesia hanya mengetahui sudut pandang yang pertama saja. Sehingga otomatis, hanya sudut pandang yang pertama saja yang bisa kita analisa pengaruhnya. Dan perlu diketahui, ini bukanlah pengaruh NII melainkan pengaruh kisah NII saja.
Menurut saya, secara garis besar NII sudah menimbulkan dua masalah besar pada politik di Indonesia. Dan mencakup dua ruang, yaitu politik antara islam dengan sekuler dan antara islam dengan islam. Yang semuanya memojokkan islam.
Yang pertama, antara islam dengan sekuler. Tentunya kita tahu, dengan begitu seringnya kita mendengar berita yang menjelek-jelekkan Kartosuwiryo dan NIInya seringkali dijadikan senjata oleh para kaum sekuler untuk melawan superioritas islam dalam jumlah pengikut. Dan yang lebih parah lagi, seringkali para partai islam sendiri juga menjadi merasa takut untuk mengibarkan panji-panji islamnya dengan lantang. Seringkali mereka alergi terhadap yang namanya negara dengan azaz islam. Salah satu partai berasas Islam yang lahir di era reformasi ini, malah tidak bisa menyembunyikan ketakutannya sekalipun dibungkus dalam retorika melalui slogan gagah: “Kita tidak memerlukan negara Islam. Yang penting adalah negara yang Islami”. Bahkan, dalam suatu pidato politik, presiden partai tersebut mengatakan: “Bagi kita tidak masalah, apakah pemimpin itu muslim atau bukan, yang penting dia mampu mengaplikasikan nilai-nilai universal seperti kejujuran dan keadilan”. Sebuah ketakutan yang memalukan saya rasa. Negara yang islami namun tidak islam? Bagaimana ada orang yang berpikir seperti itu. Ibaratnya adalah sifat alami yang tidak berasal dari alam. Jadi jelas, islam adalah syarat untuk menjadi islami.
Dan yang kedua, antara islam dengan islam lainnya. Ini sungguh sangat memilukan bagi saya. Bagaimana tidak? Sesama saudara muslim ternyata dapat terpecah belah hanya karena cerita ”mengerikan” tentang NII dan Kartosuwiryo yang begitu menakutkan. Sungguh sebuah ironi melihatnya.
Akan tetapi memang begitulah kenyataannya. Para umat islam di Indonesia yang sudah terpecah belah makin diperkuat oleh adanya kasus NII ini. Di masa akhir-akhir ini, bahkan semakin banyak tokoh-tokoh Islam yang menampakkan ketakutannya terhadap persoalan Negara Islam. Mantan Ketua Umum PBNU, K.H. Abdurrahman Wahid misalnya, secara terus terang bahkan mengatakan : “Musuh utama saya adalah Islam kanan, yaitu mereka yang menghendaki Indonesia berdasarkan Islam dan menginginkan berlakunya syari’at Islam”. (Republika, 22 September 1998, hal. 2 kolom 5). Selanjutnya ia katakan : “Kita akan menerapkan sekularisme, tanpa mengatakan hal itu sekularisme”. Wow, bukan main terkejutnya saya mendengar pernyataan dari Gusdur soal itu. Bagaimana dengan anda?
Jadi sudah sangat jelas bukan, bahwa cerita sejarah tentang NII yang kebanyakan diketahui oleh bangsa Indonesia jaman sekarang ini telah benar-benar merugikan kaum muslimin. Terutama di bidang politik dan pemerintahan.
•    Bagaimana Kita Mensikapi NII
Dan akhirnya, kita sampai bagian yang lebih mirip dengan kesimpulan ini. Di sini saya akan memberikan sedikit anjuran dan saran untuk pembaca semua dari kacamata seorang anak mahasiswa muslim Indonesia. Bukan sekuler ataupun lajur kanan ekstrim. Tapi hanya orang awam yang mendapat sedikit keberuntungan untuk mendapat sudut pandang akademis saja.
Dan menurut saya, dalam mensikapi berita yang penuh polemik dan kontroversi seperti NII ini, kita harus selalu tenang. Kita analisa dengan otak kita bukan dengan emosi dan nafsu kita. Karena yang kritis seperti ini tidak dapat kita analisa dengan sekali waktu saja. Melainkan harus dengan penelitian dan pencarian. Jika analisa kita yan gpertama langsung kita jadikan pijakan maka sebenarnya analisa kita itu hanyalah hasil dari emosi sesaat. Karena itulah, kita harus merenung dan memikirkannya berulang kali sebelum mengambil kesimpulan akhir. Jadi kalau begitu analisa kita yang pertama itu hanyalah sampah yang tak berguna dan bau?? Menurut saya tidak juga, analisa kita yang pertama itu bisa kita jadikan hipotesis atau analisa sementara. Boleh kita percayai, namun tidak seratus persen.
Dan saya, setelah merenungkan dan memikirkan tentang permasalahan ini lalu membuat kesimpulan yang boleh anda terima maupun anda tolak.
Kesimpulan dan saran saya dalam permasalahan NII ini adalah bahwa sebenarnya NII untuk saat ini memang tidak mungkin untuk dijalankan di Indonesia. Saya mengatakan ini bukan karena saya adalah seorang sekuler, saya orang islam dan berharap suatu saat nanti akan tercipta negara Indonesia yang berasaskan islam, karena Indonesia memang sebagian besar warganya adalah orang islam. Tapi alasan saya lebih karena melihat kondisi masyarakat yang ada di Indonesia saat ini yang kebanyakan muslimnya hanya muslim KTP. (walaupun saya juga belum tentu tidak termasuk di dalamnya).
Saya mempunyai contoh konkritnya. Dulu SMA saya adalah SMA Al-Islam 1 Surakarta. Dan di situ ada satu peraturan yang menurut saya paling kontroversial di SMA itu, dan tak pernah luput dari bahan pembicaraan murid, guru, dan karyawan di sana. Peraturan itu adalah larangan bagi setiap pria di sekolah itu untuk memakai celana yang panjangnya melebihi mata kaki. Dasar bagi guru yang mengesahkan peraturan itu menjadi peraturan sekolah adalah hadist dari Rasulullah SAW yang memang melarang pria untuk memakai celana yang ”ngelembreh”. Dan ternyata, walaupun sudah disahkan menjadi peraturan sekolah, masih tetap saja ada banyak pria yang melanggarnya, bahkan di kalangan guru dan karyawan sendiri. Jadi bukankah ini bukti bahwa seluruh aturan islam masih sulit diterima oleh masyarakat Indonesia? Padahal itu hanyalah ruang lingkup yangkecil, yaitu sebuah SMA dengan peraturan yang ssederhana pula. Dan kita tahu bahwa Indonesia lebih luas daripada itu dan peraturan islam juga lebih banyak daripada itu.
Tapi perlu diingat oleh pembaca sekalian. Bahwa apa yang dikatakan tidak mungkin oleh manusia rendah lagi bodoh seperti saya itu bisa jadi sangat mungkin dihadapan Allah SWT.
Demikian paper yang dapat saya buat mengenai NII, sejarah, dan pengaruhnya. Semoga bermanfaat.

Jogjakarta, 2 Januari 2009

101 Komentar

Filed under Freedom to speak

101 responses to “Kembali Melihat Sejarah NII Milik Sekarmaji Marijan Kartosuwiryo Dari Berbagai Sudut

  1. ariez

    assalamualaikum wr.wb

    alhlamdulillah setelah saya membaca artikel yang anda tulis saya jadi lebih bisa memahami sejarah Indonesia / NII yang begitu kontroversial.

    saya yakin mungkin anda sebenarnya tau bagaimana wajibnya seorang muslim untuk menggunakan peraturan dalam kehidupan sehari yaitu dengan Al-Quran dan sunnah karena walaupun mudah / susah ya harus kita jalankan karena itu PERINTAH.

    di dalam keterangan Al-Quran surat al maidah ayat 45 bahwa “barang siapa yang tidak memakai aturan dari Allah maka dia teramasuk orang kafir, fasik dan dzalim……..

    apakah anda mau di cap seperti itu????

    terus hubungan antara ayat tersebut yaitu dengan surat 8 ayat 35 yaitu ‘ shalat mereka di baitulah seperti tepuk tangan dan siulan belaka ‘

  2. bagus…..teruskan …….

  3. rohmat

    Allahu akbar…allahu akbar…allahu akbar…
    Semangatttt trussss para mujahid!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. empe

    perjuangan yang telah di mulai oleh smk adalah perjuangan yang menguras tenaga dan fikiran untuk membuat konsep negara islam, oleh karena itu saya hanya bisa berdo’a semoga ALLAH membenarkan perjuangan beliau, Amiiiiiiiiiiin

  5. uwi

    Menurut saya percuma Anda telah mengejawantahkan NII sedemikian panjang lebar, namun tidak satu poinpun masuk ke dalam pokok bahasan kesimpulan Anda. Menurut saya, dalam mengambil kesimpulan Anda harus berangkat dari alasan si empunya NII, temukan dan pikirkan. Selamat mencari…

  6. teruskan pengembaraanmu dalam mencari ilmu ya Akhy… Allahu Akbar!!!

  7. rahmatullah

    saya pernah membaca uud nii tapi kenapa pada jaman suharto dan sukarno ditetang padah isi yah bagus dan kenapa tidak buat partai aja kali2 bisa menerangkan uud sekarang bisa dirubah dalam peraturan MPR biar sesui dengan negara yang alin walau negara republik tapi hukum uud islam baru kita berjuang kearah negara

  8. uwi

    @rahmatullah
    Saya jg pernah, isinya ga beda jauh sama UUD sekarang akh…
    Sapa yg nyontek sapa yg dicontek, silahkan bercermin pada sejarah.
    Sejarah menunjukkan keberhasilan dan kekurangan orang2 terdahulu termasuk beberapa komentar yang ada pada komentar akh bz terjawab di sejarah. Selamat membaca dan belajar

  9. Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin :D

  10. Polenk

    Assalamu’alaikum..
    Alkhamdulillah,tnyata kita bisa menemukan kebenaran yang selama ini telah tertutup.
    Semoga saja dengan modal ini,kita bisa yakin dan semakin kuat dalam menentukan arah kita..
    Sekarang tinggal kita yang menentukan arah.apakah kita hanya akan berhenti disini.atau kita akan terus berjalan demi tercapainya kebenaran yang hakiki…
    Allahuakbar..!!!!!!

  11. Polenk

    Buat uwi
    boleh minta draft UUD NII?
    buat referensi saya.
    Sukron..

  12. fuad al ahnaf

    ass…
    sampai kapan pun Allah akan memelihara cahaya-Nya walaupun orang kafir berusaha memadamkannya.
    dari proklamasi saja sudah ketahuan siapa yang benar di hadapan Allah.
    Untuk SMK, semoga Allah menempatkan beliau di surga-Nya dan semoga akan lahir SMK-SMK yang lain yang akan membawa Islam sejati bagi kemashlahatan dunia dan akhirat. wass…

  13. nina

    asslmlkm akhy,
    InsyaAllah benar ap yg akhy blng qt hrs mmakai akal untik mmikirkan dn bertindak serta mengambil kesimpulan dari kabar2 yg di dapat. bukan hanya lewat emosi dan nafsu,shinnga berita2 yg gk jelas ditelan mentah2. sy salut akhy hg sdh brusaha mmikirkan yg terbaik. tp akan lbh baik lag jk akhy dpt mmkirknnya lg. sprt yg akhi bilang, tujuan NII itu baik tp sulit krn mlihat kondisinya di indonesia yg kmngkinn sulit untuk menegakkan hukum islam. memang sulit, tp tentu msh bisa jk stiap manusia optimis dan yakin segala yg kita perjuangkan ini tujuannya hanyalah Allah SWT. tentunya Allah akan mengirimkan bantuannya dengan Ribuan pertolongannya. manusia tidak akan diakui beriman sebelum mereka diuji. tentu akhy tw firman itu kn?
    nh, jk akhy mw trs berusaha mndapatkan yg terbaik didunia dn akhirat, tentu akhy mw mmikirkan itu dan bertindaklah! kl bukan dr dri kita yg mneruskn perjuangn itu, syp lg akhy? bukankanh qt gk boleh pasrah?|ap akhi mw hny trus berharap dn berharap tanp menyumbangkan harta dn dirinya untuk berjihad? tenang akhy, Allah akan mmbayarnya dg surga kok! ok akhy? IF YOU THINK YOU CAN, YOU WILL CAN!! HAMASAH!!

  14. Harry D3B

    Bismillah,
    saya mau tanya bagaimna pola perjuangganya ???
    Iman, Hijrah, Jihad itu apa ?
    Apakah kalau mau beriman harus Hijrah dngan Juhud ???
    Bagaimna dengan paham Demokrasi Pancasila ??? ah… publikasikan d seluruh media donk… klw memang statementnya itu bnar ???
    Knpa cma Indonesia ???
    Berawal dri mna untuk menjalankannya dan konsep nya sebarkan dngan jelas….

  15. gufron

    kalo’ merasa benar kenapa ngga’ blak – blakan aja perjuangan kalangan penganut NII, DI / TII, JI dll.
    Apakah perjuangan yang dari zamam KArtosuwiryo sampai generasinya sekarang ini apakah memang benar2 sesuai dengan tuntunan Al-Quran , Ayoooo…..Coba kalo berani mendeklarasikan perjuangan secara terbuka di negeri Republik Indonesia ini… Jadi organisasi yang jantan gitu loccch. … jang seperti Banciiii….mengaku umat Rosulullah kok benccooonnggg…… sukanyyya ….nyeeeeedooooot kaliiiii’

  16. maemunah

    semua yg benar pasti ditakuti..!!
    @Gufron : Banci..!!dri mana anda mempunyai pemikiran dangkal seperti itu..? Jikalau emang banci bagaimana bisa pemerintah sangat menakuti SMK dan NIInya..?? silahkan jawab sendiri..!!

    dan u/ mpunya blog ini..Kebenaran itu pasti akan datang
    trus-lh mencari dan membaca. Jikalau pemerintah benar knpa dia menghilangkan semua jejak SMK dan bahkan silsilah keluarga dan tanggal lahirnya juga diganti.. Pikirkanlah..!

  17. Yusnan Sinaga

    Saya salut dengan perjuangan Pak.SMK berambisi dan mempunyai nilai juang dan jihad yang Extra u/ memproklamirkan Islan dari kota yg kecin menuju negara dan tampil di dunia internasional,

    Tetapi sedikit yg perlu saya ulas ttg perjuangan tsb, “Mencontoh Rosul” dengan 6 Yaum diawali dari Syiron sampai Madinatul munawaroh. Bukannya 6 Yaum ini Muhammah menjalankannya hanya 23 thn terbagi 13 thn Makkah dan 10 thn Madina.

    yg mau saya tanyakan disini “sudahkan perjalanan 23 thn ini dilaksanakan, kalau sudah dilaksanakan seharusnya berani dong Goooo…. Publik tapi nyatanya sampai sekarang kok belum Nampil di Dunia Internasional.
    Mungkinkah ini ciri-ciri seorang Rasul yg membawa perintah tsb. atau hanya seekor Ular Bludak.?

    Trimakasih.

  18. Hamba Allah

    Assalamu’alaikum WR WB
    Bismillahirrohmanirrohim
    Sebagai umat Islam kita wajib berjuang demi tegaknya Syareat Islam di bumi Alloh. Kapan Alloh SWT akan memenangkan kita itu adalah urusan Alloh SWT. Kewajiban kita cuma mengikuti apa-apa yang telah dilakukan rosulullah SAW pada saat memperoleh kembali kejayaan Islam yang sebelumnya telah dilakukan oleh nabi-nabi sebelumnya. Nah… tugas kita sekarang adalah mengembalikan kejayaan Islam yang insya Allah akan tercapai di masa mendatang..Amiin.
    Alhamdulillahirrobbil’alamin
    Wasallamu’alaikum WR WB

  19. nbawidstrx

    nah….
    dalam islam pun di sebutkan..
    melihat suatu peristiwa harus melalui 2 sisi
    itu baru adil

  20. Yasyfi

    hmmm, kebenaran itu datangnya dari Allah. MAka barangsiapa yang menggunakan aturan selain Allah, maka tunggulah AzabKu…
    Sejarah indonesia banyak yang diputarbalikan kebenarannya….Apakah NII benar secara akidah atau menyimpang,,,tinggal tunggu saja nanti di video akhirat….Allah tidak akan menyesatkan hambaNya yang mau beriman dan selamat dunia akhirat. Muhammad pun dulu dikatakan orang gila bahkan sesat menurut kebanyakan orang di zamannya….wallahu a’alam bi shawab

  21. Malik

    Aslm. Salam Perjuangan !!!
    Kebenaran akan berbicara, Fakta2 akan terungkap, Kebathilan akan musnah. Pak Karto engkau telah tiada, tapi di dadaku ini semangatmu membara. Siapapun yang berani memadamkan cahaya Allah, ia akan berhadapan Saya. Allahu Akbar. Strategi perang terus mengalami perubahan, tapi tujuan tetap Satu. Lailahailalloh. Bismillah…

  22. Raden Arya Wicaksana

    Siapa yg ngaku org islam tapi alergi dg Islam itu sendiri termasuk daulah/negaranya,dan jg hukumnya perlu dipertanyakan islam cap apaan tuh?numpang doang kali?!mau nipu Allah?lu ga nipu melainkan diri lu sendiri.Bravo Daulah Islam!!

  23. shalshabilhha

    Allah maha Tau………

  24. jack

    yah qt lihat saja dari sisi NII yg brusaha mnegakkan hukum islam di muka bumi,sangat cocok sekali dengan perjuangan rosullullah saat itu. qt bisa bayang bagaimana jika hukum islam tercipta di suatu negara, jngankan mencuri terpikirkanpun tdak akan tdk akan ada korupsi fakir miskin tdk akan kelaparan. nah kala itulah kedamaian, tapi bla qt liat hukum yg dibuat oleh manusia tdak akan membuat jera, tdk mnyelesaikan sebuah masalah, dperjual belikan. kpan bs damai suatu negeri itu. jdi kalo qt orang muslim memang hrs mnegakkan hkum islam itu krn itulah satu2nya yg bs mendamaikan dunia..itulah pmahaman saya yg saya ambil dari sebuah pemahaman mnurut i’tiba Rosullullah SAW.

  25. wong ndeso

    saudaraku yang baik mari kita merenung u/ sebuah kebajikan yg hakiki demi kelangsungan anak cucu kita nanti. apa yg saudara tulis semua sangat baik tapi lebih baik lagi bila kita semua bersatu u/ tujuan yg lebih baik lagi Amiiiinnnn

  26. si gua

    asslm. kewjiban bagi manusia hanyalah sebatas berusaha, adapun hasilnya biarlah Alloh Ta’ala yang membalasnya. Dan usaha yang terbaik adalah memberikan segenap potensi dalam diri untuk tegaknya Dien Islam. Bagaimana kita bisa mengatakan bahwa rasa buah jeruk itu manis ataupun asam, kalo kita sendiri belum mencobanya. bagaimana kita bisa menyapu halaman kita kalo hanya dengan satu batang lidi saja. “Alloh sangat menyukai orang-orang yg b’juang dalam agamanya dalam suatu barisan rapi vagaikan suatu bangunan yang kokoh” (Q.S. As-Shaf : 4)

  27. faisal

    hahhhhh…..
    yakinlah sumpah….
    kalian saudara – saudara ku!!!!
    Allah maha adil!
    kita telah terlahir sebagai Makhluk Indonesia.
    sebagai MUSLIM
    muslim yang tinggal di indonesia.
    jadi….
    yakinlah.. kalau Ibadah kita akan diterima. sekalipun kita tidak berhijrah ada – adaan ke NEGARA INDONESIA ISLAM sana!
    huhhh….

  28. bule

    parah banget dah
    gag paham apah???
    udah tau dikasih jalan ma ALLAH dengan Al-Quran malah ga percaya.dasar orang” RI

  29. qyuts

    Pahami tulisan & isinya juga deh…
    Komen boleh, tapi ngerti dulu…
    Segala sesuatu yang ada pasti ada yang mendukung dan ada yang tidak…
    Ada yang sayap kiri, sayap tengah dan juga sayap kanan…
    Ada yang benci ada yang suka…
    Ada yang terbuka dan tertutup…
    dan lain-lain…
    Seharusnya bersikap terbuka dengan hal-hal yang sudah terjadi itu bagus…
    Ambil sisi positif dari sebuah kejadian…
    Oleh karena itu, turuti saja apa kata hati kita, sebab fitrah semua manusia menginginkan kebaikan…

  30. manusia biasa

    hmmm, banyak juga warga NII disini yang komen, yang kaslan juga banyak ckckckck…., klo bertengkar terus kapan futuhnya nih… :)

  31. IWAN

    bismillahrhmnnrhim
    tau tuh pada aneh ngakunya umat islam tp saat ingin di satukan mlah di caci bahkan di hujat dengan sesatlah, ga liat apa zaman dah sperti zaman zahilyah..gunakan akal n pikiran dan baca di lingkungan sekeliling anda apa yg terjadi .. sunguh bnar allah: mnusia itu tuli dan buta baik hati maupun matanya .. teruskan berjuang demi mnuju indonesia selamat dan sejahtera…
    allahuakbar allahuakbar allahuakbar

  32. ACIW

    Sebuah perdebatan yang tak berhujung bila kita hanya mengandalkan emosi,dan ego semata.Mencaci bukan solusi,semoga dibukaan kebenaran dengan sebenar-benarnya.Terlepas dari pro-kontra maslah tersebut terima kasih infonya.

  33. Teteng Imanudin

    Akan Tiba Futtuh Indonesia Secepatnya,,,
    Mari Kita Berlomba-lomba,,,
    Allahu Akbar,,,,

  34. sobirin922/6/6

    good luck para mujahid dan mujahidin,
    ingat,
    berjuang itu musti ikhlas lahir batin demi futuhnya negara tercinta kita, NEGARA ISLAM INDONESIA,

  35. Mari berjuang menegakkan dien Alloh dengan bersatu dengan iman dengan taqwa dan penuh keikhlasan,,,kita berdoa untuk yang membangkang semoga Alloh mengampuni dosanya,,,aamiiin

  36. rizqi

    allahuakbar…
    saya yakin islamlah jalan keluar dari semua keterpurukan negri inii…

  37. imar

    ternyata bukan masalah sulit atau mudahnya Al Qur’an itu di jalankan tapi masalah adakah yang mau menjalankannya?
    QS. 54 : 16,17,21,22,30,32,39,40

  38. Ass Wr wb …… jika kita muslim pasti taat dg sepenuh hati jiwa dan raga kpd Allah dan tidak akan ada pilihan lain, ya..karna memang beda pengertian antara muslim dengan musaylamah, artinya orang yg islamnya setengah-setengah he..heh..takut maju tp juga takut mundur, menghargai dan menghormati para pejuang islam saat ini keadaan semisal kondisi saat inilah lalu tampil saat itu seorang figur yg menurut pandangan masyarakat sekitar sosok yang tidak mengerti apa-apa yi Muhammad saw yg ditunjuk menjadi Rosul dengan risalahNya… maka dengan penuh perhitungan serta kecerdasannya beliau berani menyimpulkan apa yg tlh dia baca dihadapan dan dilingkungannya yi masa depan ummat manusia serta bumi yang menjadi pijakannya (bumi manusia) dan bukan tanpa alasan dipilihNya Muhammad sbg Rosulullah saw …karna sdh banyak sekali tegoran/peringatan dari Pencipta/Kholiq thdp MakhkuqNya karna sama sekali tidak ada gubrisan baik melalui da’wah lisan dan juga peringatan melalui alam……….. jadi apa yag hendak penulis simpulkan dan ajukan dlm kolom ini bahwa pandangan dan pemikiran serta langkah SMK adalah mestinya menjadi sebuah sumber /nalar yg hrs mengemuka dan menjadi pembicaraan hangat oleh para tokoh , ulama dan para cendikiawan dan hrs ditinjau dari berbagai aspek dan latar belakang pemikiran dan pandangan bukan yg lainnya dan malah memojokkannya bukankah kita tahu bhwa beliau adalah manusia asli Indonesia yang tentunya memahami benar karakter masyarakat indonesia dan sumber dasar pemahamannyapun berkait erat dg manusia.yi AlQuran dan AlSunnah………….Mari kita baca..baca …. baca dan bacalah atasnama Robina ..walaa tuharrik lisaanak lta’jala bihi…. ‘afwu minkum Wass.

  39. ahmad rijal

    ALLAHUAKBAR!!

  40. intonk

    ALLAHUAKBAR…

  41. Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telahberlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah Jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)?Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. qs.3:144. SM Karto Suwirto boleh mati, tapi perjuangan syariat Islam wajib jalan terus sampai Allah memenangkan AgamaNya. Allaahu Akbar.

  42. Byk yg ngaku nii asli tp apa yg tlah dilakukan utk nolong anak2 keluarga korban kw 9 zaytun ?

    Kpd generasi muda yg pernah ketipu silahkan klik http://niikw9.wordpress.com utk pemulihan diri

    salam,
    mantan nii kw 9 zaytun

  43. ARH

    stujuh deh oke banget………………………………….

  44. Deddoy

    Assalamualaikum…….
    Saya sangat bangga anda tertarik tuk menulis literatur ini, walaupun anda berpandangan dari berbagai sudut pandang namun tidak memberikan keputusan atas pandangan anda tapi tetap saya dapat menangkap pemikiran yang anda tulis di dalamnya dan saya dapat menilai anda tertarik dengan pandangan yang seperti apa…!……..
    salam kenal dengan Deddoy….
    memang situasi dan kondisi yang sulit pada saat ini untuk menentukan dan mengambil sikap dengan cara mempublikasikannya di media terbuka, akan tetapi saudara telah memberikan bahan pemikiran yang baik dan bagus buat manusia yang berfikir namun tidak tahu dengan sejarah perjalanan terbentuknya Negara Indonesia itu sendiri.
    Adapun literatur ini sebagai bahan pertimbangan yang baik untuk mereka yang membaca kebenaran sejarah, karena manusia yang pandai dan berhasil itu adalah mereka yang mengetahui perjalanan sejarah ….dan berpulang kepada kodrat ke “IMANAN” pembaca itu sendiri… karena hakekat kehidupan manusia hidup di muka bumi ini adalah kembali kepada aturan main sang penciptanya…..
    aturan main kehidupan manakah yang akan dipilih oleh manusianya, aturan main yang ALLAH berikan atau manusia memberlakukan aturan main yang mereka ciptakan sendiri…..?
    wasalamualaikum…..By Deddoy….

  45. ali bin abi thalib

    saya dukung nii !!
    karna dihadapan alloh, aturan pancasila itu tidak berarti !
    karna aturan itulah kita bsa tersesat !
    dan apa beda nya soekarno sama abu jahal !
    yg mmpunyai aturan yg bukan daripada wahyu .
    melainkan sumber daripada ro’yu dan hawa nafsu !
    apakah kta tidak mengetahui, bahwa allah mmpunyai aturan yg tersimpan di dalam khalimat thauhid yaitu la illa ha illalah ??
    dan apa makna khalimat itu ?
    disana ada la navyi dan la isbhat yg mmpunyai makna penolakan dan keberpihakan kpada aturan ??
    nah aturan yg mana yg harus kita tetapkan ?
    kalau dulu aturan abu jahal itu bersumber dari lata, mana, uja dan huball ?
    nah kalau skarang yg tertera dari pancasila itu bersumber dari pohon beringin, ada padi, ada banteng dll !!
    pancasila itu bathil di hadapan alloh ?
    kalau khendak allah itu , di seluruh dunia itu hukum nya kafir kalau hukum yg berlaku di setiap negara itu, bukan hukum islam ??
    dan anda bsa lihat di dalam al’qur’an suroh annisa ayat 44 dan 45 !!
    terimakasih smoga bermanfaat amiieen !!
    semoga alloh memasukan pak sm kertosuwiryo itu di antara orang2 yg sholeh ! amiien !!
    allohu akbar allohu akbar allohu akbar !!

  46. BOSS

    MENURUT SAYA PERJUANGAN YANG DI LAKUKUN SMK ADALAH BENAR

  47. zaky

    Sejarah adalah milik penguasa. yang menang dalam suatu peperangan, dialah yang boleh menuliskan sejarah berdasarkan versi/sudut pandangnya. kalau dulu sekiranya Nabi Muhammad tdk memenangkan Islam sebagai suatu tatanan hidup maka blm tentu sekarang kita jadi pengikutnya dan mempercayai ajaran yang dibawanya atau kita bahkan bisa menjadi pengikutnya para Founding Father masyarakat Mekkah yang menjudge Muhammad sbg orang gila, tukang tenun, ahli sihir dsb. Ini pula yg terjadi di negara kita, tidak tahu yang mana pahlawan dan yang mana Losser (pecundang). tapi sejarah sekarang adalah milik para pemenang yang menguasai negara ini.

  48. wahyu nur

    Kemerdekaan bagi ku adalah harga mati. Tak ada makhluk yang suka berada dibawah tekanan sepanjang hidupnya… namun aku bukan pejuang seperti yang anda tulis, aku pun tak memiliki keberanian seperti Kyai Karto… namun nilai kemerdekaan sejati telah dia kumandangkan, tak ada pilihan bagi ku kecuali sepakat dan setuju dengan kemerdekaan dibawah kuasa Allah. namun semua telah berakhir.. kemana aku harus melangkah, mencari jejakmu wahai Kyai karto… Hanya ada sekumpulan orang yang mengaku menjadi pelanjutmu, tapi tak memiliki keberanian seperti keberanianmu dan tak kutemui pribadi setangguh engkau… Engkau akan menjadi kebanggaan Rasulullah dan para sahabat beliau… mereka mendo’akanmu selalu, supaya berada di jajaran para syuhada.. Ya Allah temukan hati kami di hidup dan dikala mati…

  49. ???

    bagi org2 yg mengatakan bahwa pancasila itu salah, dmn letak kesalahannya?? pada sila keberapa?? dan apa alasannya??
    Soekarno adalah pahlawan bangsa. jangan menilai beliau hanya dari satu sudut pandang saja. beliau lebih berperan dalm kemerdekaan RI dan bukan org2 yg hanya mengoceh tentang AGAMA!!!!!! NKRI tidak butuh org yg hanya pintar dalam AGAMA!!!!
    tolong hargai PANCASILA karena PANCASILA yg mempersatukan kita rakyat Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan agama…
    bagi yang tdk setuju dengan PANCASILA silahkan KELUAR dari NKRI karena PANCASILA adalah jati diri NKRI dan tidak akn bs di ubah!!!!

  50. darika

    Ya….. :)… Namun sayangnya, di dalam tubuh NII itu ada pengkhianat2 perang ( perang : bukan dor2an, tapi berjuang menegakkan agama ALLOH). Terjadi perpecahan… bisa Penulis sampaikan cerita lengkapnya mungkin someday?? Sehingga yang muncul sekarang ini adalah tentu saja NII “boneka”, dengan segudang accesoriesnya yang TEGA menghancurkan mimpi Kartosuwiryo sendiri….
    Anda2 sering melihat di stasiun TV?? bagaimana pergerakan NII yg sering disebut NII KW IX?? sebuah wayang dengan dalang musuh Islam….
    Agama Alloh pasti akan dilindungi.. dan pasti menang. namun yang perlu kita doakan, agar para pejuang2 penegak Agama Alloh ini selalu kuat tabah dan istiqomah…..

  51. terima kasih atas tulisannya, semoga iman dan islam tetap dalam anak k turunan kita Alqur’an dan hadis sebagai pedoman hidup kita,ALLAHU AKBA…………

  52. A Munandar

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Apa yang disampaikan dalam tulisan diatas adalah benar. Fakta sejarahnya memang demikian. NII dan SM Kartosuwiryo beserta Mujahid lainnya, mendirikan (memproklamirkan) Negara Islam Indonesia pada tanggal 7 Agustus 1949 di teritorial/wilayah kekuasaan penjajah Belanda secara de facto maupun de jure, bukan di teritorial/wilayah RI. NII berjuang dan membebaskan Nusantara, dari penjajahan Belanda, bukan merebut dari RI apalagi kudeta atau berontak. Karena berdasarkan perjanjian Renville yang ditandata tangani pada tanggal 17 Januari 1948, Jawa Barat bukanlah teritorial / wilayah RI.
    Dalam perkembangan sejarah berikutnya, sampai ditangkapnya Soekarno oleh Belanda yang kemudian mendirikan PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) di bawah Mr. Sjafruddin Prawiranegara, NII tetap eksist dan terus berjuang untuk terus berkembang dengan bergabungnya daerah-daerah lain, seperti Aceh, Sulawesi, Kalimantan. De Facto dan de jure, itulah teritorial NII dan itu tercatat dalam sejarah dan tak mungkin terhapuskan.
    Kemudian dalam kesepakatan KMB (Konfrensi Meja Bundar) tanggal 27 Desember 1949, Belanda mengakui kedaulatan Indonesia, tapi bukan lagi kepada RI melainkan RIS (Republik Indonesia Serikat yang berdiri pada 27 Desember 1949, 4 bulat setelah NII diproklamirkan). RI adalah negara bagian dari RIS dengan enam negara bagian lainnya.
    Latar belakang Belanda membebaskan Soekarno dan lain-lainnya adalah untuk menghantam NII melalui negara bonekanya, RIS. RIS berontak kepada NII. Itu faktanya. Untuk kemudian RI melakukan kudeta kepada RIS.
    Dengan sejarah ini kita bisa menilai, siapa itu :
    NII, RIS, RI dan Belanda. Kaji dan pelajari secara mendalam sejarah perjuangan bangsa ini supaya tidak disesatkan dan tahu, secara de facto dan de jure, siapa sesungguhnya yang memberontak ?
    Untuk NII sekarang, khususnya NII KW9, (termasuk di dalam JI, JAT, Komando Jihad, Islam Jama’ah / LDII, Ahmadiyah dll), adalah bentukan RI (Ali Murtopo dan Pitut Suharto), untuk mendiskreditkan NII yang sesungguhnya. Segala penyimpangan Syariah NII KW9 adalah rekayasa dan produk RI. Lantas, siapa yang penipu dan pengacau keamaan di negeri ini sesungguhnya ? Kalau mereka sesat (NII KW9, Ahmadiyah, LDII) mengapa tidak dibubarkan / dibasmi ? Mengapa tetap dibiarkan ?
    Tujuan satu, mengadu domba umat islam dan mendiskreditkan umat Islam.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  53. mbah gondrong

    bwat semuanya,kita harus bersabar dengan keadaan ini.mulai sekarang,tinggalkan itu acara perdebatan dan perselisihan.yang lalu biarlah berlalu dan kita ambil hikmah dari kejadian yang terjadi.memang negara kita ini sudah terjangkit pnyakit yg sangat kompleks,tapi penyelesainya bukan lewat debat.tapi dengan tindakan.dan apa yang bisa kalian lakukan,kerjakanlah semampu kalian,selagi Alloh masih menaruh nyawa kita di dalam raga.

  54. nasroel

    Gak usa pake ribet memikirkan negara ini mau jadi apa, sudah ada yg mengurusi hal itu,, tugas skita hanya mengisi hasil jerih paya para pendahulu kita dengan memberikan hal yg baik dan pemikiran yg sehat tanpa ada membedakan warna yg ada. bagi kita yg ber Agama ISLAM,, Ketahuila….. bahwa yg perlu kalian perjuangkan bukan perubahan dengan diganti dengan embel embel yg mengatas namakan agama (sebap pendahulu kita beda cara pandang dengan orang sekarang ) di Negara yg kita cintai ini, melainkan ada di dalam diri kita semua agar kamu semua selamat dunia dan akhirat. kan bukan negara yg kita cintai ini yg akan di masukkan ke dalam surga, melainkan jiwa kita yg akan kita perjuangkan untuk mendapat kemulyaan dunia dan akhirat. Perkara para birokrat berbuat kejahatan apa pun bentuknya MERKA AKAN MEMPERTANGGUNG JAWABKAN KELAK DI HADAPAN TUHANYA

  55. adventure

    eeeehhh,, yang gak suka sMK brti bkn org bragama Islam. makanya alQurannya dikaji,,,

  56. sok tau, BUNG KARNO ITU TETAP ORANG PALING PENTING DALAM SEJARAH INDONESIA

  57. HD

    jangan suka berbantah-bantahan, itu tanda tak faham, bagi orang beriman manusia diciptakan untuk ibadah, jadi abid/hamba Allah/ umat Muhammad SAW, mencontoh Beliau, mulailah seperti Beliau, wujudkan madinah dalam diri sendiri, mudah2an kemudian dalam keluarga, RT, RW, Dusun, Desa, Kecamatan, Kab/Kota, Propinsi, Negara, bahkan InsyaAllah Dunia. Caranya : (1). Takharah (suci lahir batin/ niat, ucapan, perbuatan), insyaAllah bisa (2). Tobat Nasuha, insyaAllah bisa (3). Syahadat, insyaAllah bisa (4). Shalat, insyaAllah bisa ( 5). Zakat, insyaAllah bisa (6). Shaum, insyaAllah bisa (7) Hajj <—- 1. Beriman 2. Berilmu 3. Beramal 4. Ikhlaas sadaqallahuladzim

  58. ass sebanranya semua orang boleh berkelah, berargumen, namun yang menyebabkan ketakutkan dengan NII bukan alquran dan Hadis nabi tetapi hasil penafsiran ulama NII terhadapo sumber hukum itu. Bukankah pada hari ini hasil kajian yang dilakukan oleh Amidan Ketua MUI menemukan 15 butir penafsiran yang lari dari pesan kenabian. kalau memang hasil kajian itu salah mohon dikomplain.

  59. Ass….. wahai sahabatku sekalian, ketahuilah bahwa semua apa yang kita lakukan dalam penegakan daulah islam ini pasti ada orang2 bathil yg tidak menukai,,, jangan engkau mengaku beriman sebelum datang ujian kepadamu,,, ALLAH HUAKBARRRR

  60. HADIID

    NII pasti akan bangkit, itu janji Allah dalam Alquran, Mereka berupaya untuk memadamkan cahaya Allah dan Allah pasti akan memelihara cahayanya itu, biarkan saja orang orang munafik terus menerus membuat tipu daya terhadap Mulkiah Allah ini, NII KW9, gak pantas nama itu hadir di permukaan alam semesta ini, gak usah di perdebatkan sebenarnya, biar saja dia menikmati hasil bisnisnya, walaupun bisnis itu mereka hasilkan dari merampok dan menipu, sah sah saja…, yah gak ada bedanya kok seperti KONGLOMERAT di NEGRI ini, mana ada sih di negeri yang carut marut ini ada orang benar, orang BENER itu adanya di TEMPAT yang di atur berdasarkan ATURAN ISLAM,gak ada yang bener selain di tempat itu ( NII. )

  61. robert

    Bagi yg suka dg Hukum Alloh komennya sejuk dibaca bg yg tdk suka dg hkm Alloh lbh tegang kelihatannya…tp ga masalah itu hak anda,satu hal yg menarik klo dilihat dari teks proklamasi masing2 jd kelihatan mana yg pinter nulis dan mana yg hanya asal nulis,mana yg berbobot sesuai dg kaidah bahasa dan mana yg asal2an.

  62. Arya AP

    Jangan setengah-setengah memahami sejarah… NII itu ada th ’49-’62..dan atas perintah Imam SMK th 62 NII turun gunung dan perjuangan fisik sudah ‘selesai’..karena secara strategi politik NII sudah ‘tidak memungkinkan’ untuk bisa ‘idzhar’ mengingat ‘situasi dan kondisi zaman’. SMK adalah politikus dengan-mengutip Kahar Muzakar- ‘kualitas’ tinggi. Tidak mungkin menurunkan perintah tanpa difikirkan matang dan tanpa melihat kepentingan di masa YAD…Ketahuilah NII yg skrg ( KW9,dll.) bukanlah penerus NII 49, melainkan NII ‘buatan’ yg embrionya lahir dr meja rapat intelejen, meskipun mereka melibatkan juga mantan2 Pangti TII yg tidak taat /patuh pada ‘perintah’ Imam terakhir. Perjuangan fisik sudah ‘tidak relevan” lagi zaman sekarang..maka itu ‘bacalah’ al qur’an dengan ‘benar’.. bacalah alam semesta dengan benar dan cerdas..bacalah perkembangan zaman dengan benar dan bijaksana…’bacalah’ diri anda dan tujuan hidup anda dengan kesadaran yg tinggi..bahwa jika “Islam” dan “Muhammad” itu sebagai ‘rahmatan lil ‘alamiin’ BUKTIKANLAH!!..bukan dengan senjata..bukan dengan bom, bukan juga hanya dengan lisan lain di mulut lain di hati.. tapi dengan USWATUN HASANAH…CONTOH YANG BAIK….Anda seorang pelajar,,jadilah pelajar yg baik dan tidak hanya pintar tapi juga cerdas serta mempunyai visi ke depan. Anda seorang pengusaha jadilah pengusaha yang sukses dan berbuat adil terhadap pekerja anda, bukan jadi pengusaha yang bergelimang harta dari hasil memeras keringat pekerja tanpa balasan yg setimpal. Anda seorang pemimpin..jadilah pemimpin yang ‘diakui’ karena budi pekerti yang luhur, bukan pemimpin yang ‘mengaku-ngaku’ pemimpin yang baik namun merasa berat dgn konsekwensi “menjadi yg orang yg paling akhir menderita setelah rakyat/masyarakat/umat yang dipimpinnya’.. sadarlah saudaraku sebangsa setanah air dan ‘sekeyakinan’ (dalam arti universal sebagaimana arti islam yang sesungguhnya)…mari kita bangun generasi Indonesia sekarang dan kedepan dengan LANGKAH NYATA…untuk menjadi umat manusia yang ‘unggul’ di dunia..sebagaimana leluhur bangsa kita…

  63. suharno

    harno
    saya sebagai umat islam,mengatakan saya ngk setuju ,alasan saya tetap membenarkan apa yg udah di putuskan ama Bp.SMK,karena di mana udah jelas telah ada Al quran,barang siapa di suatu negeri ngk mau memakai aturan al quran muka alloh akan melaknat nya.tapi kalu zaman sekarang memakai cara Bp.SMK udh ngk tepat,harus lah makai aturan rossul,dgn cara tarbiyah dan menata akhalak manusianya

  64. suharno

    aq sependapat ama saudaraku HADIID dan ARYA AP,HANCUKAN AJA KW 9 YG BUAT RUSUH

  65. SUHARNO

    NI JWBN BUAT MAS HERRY YG D3 TP BEGOK 1.lewat tarbiyah
    2.IMAM:PEMIMPIN YG MENYERU K AMAL MARUF NAHI MUNGKAR
    HIJERAH;berpidah tempat dari keburukan menuju dunia yg d rahmati ALLOH.
    JIHAD;BERPERANG LEWAT APA AJA DGN BERTUJUAN MEMENANGKAN HUKUM ALLOH,TPI DGN catatan jihad a;lewat lisan b;lewat perilaku pribadi c;kasih sayang d;tp klu dr 3 itu ngk bisa ,bila ktad perangi kita wajib lawan karena itu udah ada peritah dan contoh dr rosul dan alloh
    3.iya?karena tu udah wajib secara otomatis ,krn org beriman pasti berhijerah,dr keburkan menuju kebaikan,tapi belum d bilang seorang mukmin klu belum berani menentang kebatilan
    4.itu paham tohut,tohut;orang membenci aturan dan hukum alloh dan lg ngk mau menegakan nya,paham tu harus d hapus karena paham tu ,paham org2 amirika serta negara2 EROPA.
    5karena kta harus mengawali kita dan berlajut keluarga,teman,lalumasyarakat lalu negeri kta dabujung dunia ini seperti mana rossul menyebarkan ilam,bila mana ni tercapai dunia ini ngk ada yg d rugikan karena alloh sendiri yg mengatur nya lewat alquran dan rossul nya.mga jabn ni saudaraku HErry D3B PUAS DAN DAPAT MEMAHAMI SERTA MENGPELIKASIKAN DALM HIDUM KM .WASSALAM

    JWBN BUATMAS POLENK,APA KM NGK PUNYA ALQURAN D RUMAH,UUD NII DMANA KM TANYA KM KO BODOH BANGET MAS ANAK KECIL JA TAU KLU UUD NII YA ALQURAN MAS .MG KM PUAS DAN DAPAT ILUM YG BERMANFAAT BAGI KM

  66. suharno

    buat mas hm sidik,klu menurut saya NII udah benar cara penafsiran nya ,tp menurut aq ulama MUI,aja yang ngk mau memakai hukum alloh semuanya tp hanya yg enak enak aja,cnth nya MUI apa bs menegakan huku alloh yg satu ni,bagi penjina yg udah menikah hukuman nya d rajam,bagi yg lajang/bujang hukumannya d cambuk 100 kali dan d asikan selama 1 tahun,klu MUI bisa negakan hukum tu ,tanpa pandang bulu ngk kenal tu siapa mau aparat atau pejabat maupun rakyat kecil harus sama tanpa ada belas kasian.coba bisa ngk memakai hukum yg 1 ni ,klu NII SALAH MENAFSIRKAN YG MANA TLONG KASIH TAU AKU.SEL;AMA NI AQ DALAM jejakperjuangan NII udh sejalan,jln NII JL juangnya mengikuti langkah perjuang rossul,dgn cara tarbiah,klu masih d salah kan emang benar kata alloh orang kafir dan munafikin serta org2 yahudi dan nasrani tidak suka isam tegak

  67. Ping-balik: HUT TNI ke-66 Di Yogyakarta | ian bood

  68. Harry Khaidir

    Salam Kebenaran
    AH…. bebicara Islam sebagai Ad-din maka, konteks konsep, teologi, pelaksanaan harus jelas… perencanaan nya harus matang… Sebetulnya orang Indonesia yang mau menegakkan hukum Islam tidak perlu cape-cape pergi ke dpr dan berdebat kusir di sana hanya buang waktu (Rosul melarang bekerja sama dengan orang yg tidak menginginkan Ad-din Islam) ditambah kalau mencampurkan aturan Alloh dengan aturan yang di buat manusia jelas-jelas Alloh melarangnya termasuk kedalam golongan musyrik karena menyamakan persepsi dan aturan Alloh dengan persepsi dan aturan manusia (Janganlah mencampur adukan yang Haq dan yang Bathil) kalau ingin berbicara tentang kebenaran tentang hal ini buat sebuah pertemuan (diskusi) langsung dengan suasana tanpa ada hukum yang di bawa karena akan menghasilkan aturan yang benar. jadi ketika acara diskusi dianggap sebagai acara tanpa hukum, dan tanpa kekearasan secara fisik. kalau rekan berminat ayo kita lakukan dan buat BIN, Den Jalak Sakti (TNI-AD), Den Bravo (TNI-AU) dan Densus 88 (POLRI) ayo gabung dan buat diskusi tanpa hukum dan kekerasan owh,,,ya satu lagi buat mavia yahudi TRIAD yang menguasai Asia Timur dan Tenggara khususnya Indonesia tolong dihadirkan perwakilannya… saya sendiri akan berposisi sebagai pembela Negara Islam Indonesia (Madinah Indonesia).
    Tempat yang paling tepat adalah Bandung karena pada tahun 1949 Bandung adalah daerah kantung (kekosongan kekuasaan).
    Terima kasih.

  69. Harry Khaidir

    Satu lagi tolong bedakan antara NII dengan NII KW 9 yg brmarkas di Al-Zaytun karena NII yang tidak rusuh adalah NII KW 1-7. sedangkan NII KW 9 itu sesat yang diketuai oleh Panji Gumilang/Abu Toto jelas pemerintah RI tidak bisa menangkap dia krna Al-Zaytun KARENA PADA TIAP TAHUN NYA pemerintah RI menyumbang dana yang besar ke sana dan Panji Gumilang pada tahun 1993 adalah anggota kehormatan (bukan keturunan Yahudi) organisasi Yahudi yaitu TRIAD. Saya pun sepakat kalau NII KW 9 itu sesat….
    NII KW 1-7 adalah Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah yang sah (Provinsi/yang dipimpin Gubernur), sedangkan NII KW 9 adalah organisasi yang sesat akan tetapi mengatas namakan NII. Ini adalah strategi Bakin (Ali Murtopo) untuk menghancurkan -membinasakan NII – sampai sekarang- sehingga zaman sekarang termuat dalam pemikiran semua warga NKRI bahwa NII itu adalah makar, sesat, dan fitnah yang terakhir serta popular sekarang ini adalah Teroris….
    hahahahahaha… mngkin ini kalimat terakhir dari saya karena saya mungkin akan dicari BIN ataupun aparat NKRI yang lain nya, untuk diculik, di karungan, dibunuh, dan paling enteng dianggap teroris.
    untuk saudara-saudaraku yang mencintai NII KW1-7 jangan takut karena pasukan yang sudah saya bangun, sudah siap untuk meminta hak kembali wilayah NII yang telah direbut NKRI secara tidak jujur….
    Tinggal menunggu hari untuk saat tersebut.
    Saya menunggu konfirmasi terakhir dari penurus Daud Bereuh (Aceh) dan Kahar Muzakar (Sulawesi)

  70. Harry Khaidir

    aTuran/sistem yang dibuat manusia tidak akan pernah menang melawan sistem dan aturan yang dibuat Alloh dalam Al-Qur’an dan AsSunnah

  71. syamsiah nur awaliyah

    Saya memang hanya mengetahui sedikit sejarah SKM dr bangku SMA melalui pelajaran ips-sejarah. Pembelokan sejarah kini makin jelas kebenarannya, penghapusan silsilah keluarga atau manipulasi data silsilah keluarga SKM menjadi salah satu hal yang menarik bagi saya. Disebutkan dari berbagai sumber bahwa SKM bersama Siti Dewi Kalsum memiliki 12 anak, 3 yang terakhir lahir di hutan-hutan belantara Jawa Barat. Jika ada referensi mengenai anak keturunan SKM, mohon di-link.
    terima kasih..

  72. kikiwijaya ayudewi

    Ass. saudaraku, berilah makan bagi yg lapar, berilah papan bagi yg tidak punya tempat tinggal, islam kanlah bagi yg belum islam, berilah contoh yg satun kayak Nabi Muhammad SAW. Kalau hanya ingin berperang jangan melalui banjir darah, aku yakin semua akan didukung Allah.Bantulah pemerintah dengan sebaik baiknya, tentu Allah akan ridho, Amin.

  73. kikiwijaya ayudewi

    Pahami dulu diri kita itu siapa, dan jernihkan arti hidup dan kehidupan serta manfaatnya. Dengan memahami sifat 20 Allah, maka diri kita akan tahu bahwa setiap kehidupan itu adalah Roh Allah, apakah kita akan mampu melawan kodrat, coba renungkan berapa ratus dan ribu tahun lamanya agama berada di bumi, ternyata semua juga atas kehendaknya, pahami tafsir Al Quran yang sebenarnya, dan jangan menentang hati nurani.kita, dan belajar mengukur diri akan lebih baik.

  74. baim soleh

    assalamualaikum wr.wb
    Rosul telah meramalkan dalam hadist nya akan datang suatu zaman, islam akan tegak di muka bumi utamanya di indonesia yang sesuai dg konsep rosul yaitu khilafahan an-nubuwah. . . . .
    mungkin ini sejarah NII yang akan menegakan ad-din di indonesia. . . . .
    Semoga kita dpt percaya dan tidak hanya melihat saja sehingga kita termasuk orang2 yang dzalim. . . .
    terima kasih

  75. zuta

    untuk mewujudkan semua itu memang tidak bisa instan seperti mudahnya membalikan telapak tangan kita,tetap semangat & pantang menyerah, terskan perjuangan,smk

  76. hafizh

    salaam mujahied …………. ALLAHU AKBAR !!!!!!!!!! bangkitkan kembali semangat 1949 mu wahai para mujahid

    @@@@ !!!!!

  77. Assalamu’alaikum. Barokallah … jazakallaha…

  78. semprul

    saudaraku semua, ingatlah indonesia itu bukan negara islam, dan negara didunia ini cuma ada dua macam, kalau bukan negara islam ya pasti negara kaffir. silahkan memilih (free of choice) dan kita semua faham konsekwensinya masing -masing.

  79. samandaya

    Sabar-sabar semuanya! Yang terpenting buat sekarang adalah membangun negara Indonesia ini supaya maju, sejahtera dan damai. Tuhan pasti suka,

  80. EkoLB

    Nampak SMK “MUJAHID” masih ada …”jangan dikira MUJAHID SMK sudah tiada” berjuang terus..Allah Maha Mengetahui apa yg tersirat didalam qulbu para KOMENTATOR, dan akan ada bertanggung jawaban di AKHIRAT… smoga bagi yg telah berjuang di menegakkan SYARIAT ISLAM sesuai dgn RISALAH RASUL dalam berjuang dan ALQURAN tetap diberikan ISTIQOMAH.

    Bagi yg sekedar melempar komentar tetapi ada semangat sebagai barisan simpatisan atau pendukung juga diberikan kemudahan mencari Ilmu dan jalan mendekatkan diri pada ALLAH .

    Inilah jalan jalan dan kondisi kondisi proses penegakan ISLAM . Kesabaran,Kekuatan,Ketaqwaan,Kecerdasaan,Keberanian,Pertolongan,Keamanan,Ketenangan dan segalanya hanya dari Allah….melalui perjuangan menegakan SYARIAT ISLAM… mari genggam walaupun sepanas bara api hancur badan jiwa untuk mu ya Allah….

  81. wildan

    pilih hukum Alloh atau hukum manusia???
    pilih kekuasaan Alloh atau kekuasaan manusia???
    anda ciptaan Alloh atau ciptaan manusia???

  82. eky hadiwibowo

    di dalam artikel ini terdapat kekeliruan yaitu:“hukum kafir”, sesuai dalam Qur’aan Surah 5. Al-Maidah, ayat 145
    padahal surah al-maidah ayatnya sampai 120 saja…

  83. Zainul

    Allahu akbar,…saya tunggu pembimbing saya dalam berbagai bidang tuk mewujudkan kesemuanya…jangan OMDO ntak malah banyak dosa..Thanks.

  84. aSSALAMWRWB.
    SINGKAT SAJA. ANDA MUNGKIN TERMASUK GOLONGAN ISLAM PHOBIA TETAPI TIDAK BERANI ATAU JUJUR UNTUK MENGAKUINYA. HANYA GARA GARA ADA ATURAN SERAGAM SEKOLAH BERASASKAN HADITS NABI SAW. JADI MASALAH KONTROVERSIAL BAGI ORANG SEPERTI ANDA. KALAU ADA LARANGAN BAGI SISWI PEREMPUAN MEMAKAI ROK SERAGAM DI ATAS LUTUT ATAU DI BAWAH LUTUT DENGAN BERASASKAN HADITS NABI SAW. SAJA YAKIN AKAN MENJADI MASALAH KONTROVERSIAL PULA BAGI ORANG-ORANG SEPERTI ANDA. DAN SEGALA YANG BERASASKAN HADITS NABI SAW. BESAR KEMUNGKINAN SEMUA KONTROVERSIAL. BERSIKAP SEPERTI ITU ARTINYA BERIMAN KEPADA SEBAGIAN TETAPI INGKAR KEPADA SEBAGIAN DARI PADA HUKUM HUKUM AGAMA ALIAS SAM’NAA WA ASHAINAA. DEMIKIAN , MAAF KALAU PERNYATAAN INI TERLALU TO THE POINT. SEMOGA KITA SEMUA MENDAPAT HIDAYAH DAN PERLINDUNGAN ALLAH SWT. AMIIN3 WASSALAAMWRWB.

  85. ASSALAMWRWB. BUAT ??? CS
    KESALAHAN ASAS ASAS PANCA SILA YANG SEKARANG MENJADI DASAR HUKUM NEGARA KITA ADALAH PANCA SILA JIPLAKAN HASIL PLAGIAT DAN PENELIKUNGAN ATAU PENGHIANATAN OKNUM OKNUM SEJARAH. PANCA SILA YANG SEKARANG INI TIDAK MEMILIKI RUH ATAU INTEGRITAS SEHINGGA IA TERCERAI BERAI TIDAK PERNAH SAMPAI KEPADA TUJUAN YANG DIHARAPKAN PARA PENGGAGASNYA YAITU PARA WALI, SARIKAT ISLAM DAN ORANG ORANG YANG MEMPERJUANGKANNYA JAUH SEBELUM PROKLAMASI KEMERDEKAAN.
    TOKOH TOKOH YANG KITA KENAL SELAMA INI TIDAK LAIN HANYALAH PLAGIATOR ‘PEMAKAN’ TEMAN SENDIRI, YANG TIDAK MEMAHAMI MAKNA DARI RUH TEKS PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN PANCA SILA YANG SESUNGGUHNYA, SEPERTI PARA KELEDAI YANG MEMBAWA KITAB. DAN SEBAGAIMANA BERLAKUNYA SUNNATULLAH, SEBAGIAN BESAR TOKOH TOKOH PENTING ITU AKHIRNYA ‘DIMAKAN’ PULA OLEH TEMAN TEMANNYA SENDIRI. “MAKA PERHATIKANLAH OLEH KALIAN AKHIR HAYAT ATAS ORANG ORANG YANG ZHALIM”.
    PANTAS JIKA JIKA ASAS ASAS PANCA SILA TIDAK PERNAH DAPAT TEREALISASI DENGAN BAIK DI BUMI INDONESIA TERCINTA INI. KARENA PANCA SILA SEKARANG INI TIDAK MEMILIKI RUH DAN HANYA DIJADIKAN SIMBOL YANG DIKERAMATKAN OLEH PARA OPORTUNISTIS.
    BAGAIMANA MUNGKIN PANCA SILA DAPAT TEREALISASI DENGAN BAIK SEBAGAIMANA HARAPAN SELURUH LAPISAN BANGSA INDONESIA JIKA RUH YANG SALING IKAT MENGIKAT MENJADI KESATUAN SILA SILA PANCA SILA TELAH TERCERABUT OLEH PARA OPORTUNISTIS MELAKUI AKSI PENGKHIANATAN PENELLIKUNGAN.
    SESUNGGUHNYA RUH DAN KUNCI SUKSES PANCA SILA ITU ADA PADA PIGAMA JAKARTA 22 JUNI 1945, YAKNI ADA PADA PENERAPAN AGAMA ATAU HUKUM TUHAN. BAGAIMANA MUNGKIN AKAN TEGAK SILA KETUHANAN JIKA TIDAK ADA KEWAJIBAN PENERAPAN HUKUM AGAMA.
    BAGAIMANA MUNGKIN AKAN TEGAK SILA KEMANUSIAAN YANG ADIL KALAU HUKUM AGAMA TIDAK DITERAPAKAN.
    BAGAIMANA MUNGKIN SILA PERSATUAN AKAN DITEGAKAN KALAU HUKUM AGAMA DIABAIKAN.
    BAGAIMANA MUNGKIN SILA KERAKYATAN BISA BERDIRI KALAU MANUSIA MANUSIA KAFIR MINAFIK.
    BAGAIMANA MUNGKIN SILA KEADILAN SOSIAL BAGIN SELURUH RAKYAT INDONESIA DAPAT DIREALISASIKAN KALAU PARA PEMEGANG KEKUASAANNYA PARA KORUPTOR, KAUM MUNAFIK MUSUH AGAMA.
    BUKANKAH HANYA ALLAH HAKIM YANG MAHA ADIL DI ATAS SEGALANYA.
    …. FIRASAT SAYA MENGATAKAN, BAHWA NI KARTO SUWIRYO ITU HANYA SIFATNYA SEMENTARA, PEMACU AGAR PARA ELIT POLITIK SEGERA MEMPROKLAMASIKAN KEMENDEKAAN NKRI. MAKANYA IA TERLAHIR LEBIH DAHULU DAN SIMBOL ISLAM DITABUHKAN KARENA BASIS TERBESAR DARI PARA PEJUANG KEMERDEKAAN RI ADALAH UMAT ISLAM ITU TIDAK DAPAT DIPUNGKIRI. DAN UMAT ISLAM TIDAK PERLU MELEK POLITIK JIKA DISERUKAN PANGGILAN JIHAD KEPADA
    MEREKA. KARTOSUWIRYO ADALAH TOKOH YANG SANGAT PAHAM AKAN NASIONALISME KEBANGSAAN DAN ISU SARA.
    MASALAH SARA SEBENARNYA TELAH TERSELESAIKAN DENGAN BAIK
    SEJAK TGL 28 OKTOBER 1928 MELALUI PERNYATAN SUMPAH PEMUDA DAN SEBELUM SUMPAH DINYATAKAN PARA PEMUDA/I SERENTAK MENYANYIKAN LAGU INDONESIA RAYA GUBAHAN WR SOEPRATMAN DENGAN IRINGAN GESEKAN BIOLANYA.
    DAN KARTOSUWIRYO ADALAH SALAH SATU TOKOH PENTING YANG TELAH MENYATAKAN SUMPAHNYA PADA WAKTU ITU.
    KARTOSUWIRYO ADALAH SEORANG PATRIOT SEJATI YANG TEGUH DAN BERKARAKATER. KARTOSUWIRYO, KAHAR MUZAKAR DLL BUKANLAH PEMBERONTAK ATAU TERORIS. MEREKA ADALAH ORANG ORANG YANG DIPAKSAKAN ATAU DIKAMBINGHITAMKAN MENJADI PEMBERONTAK BERASASKAN ISU POLITIK, HAMPIR SAMA DENGAN APA YANG TERJADI PADA MUHAMMAD NATSIR, SYARIFUDDIN, SUTAN SYAHRIR DLL. YANG DIKEHENDAKI PARA PEJUANG DAN PENDIRI NEGARA DARI ZAMAN WALI SONGO, SI DLL SEBENARNYA ADALAH NEGARA INDONESIA YANG MADANI. HIDUP BERDAMPINGAN DALAM MERAIH TUJUAN YANG SATU. ADIL BAHAGIA DAN SELAMAT.
    DEMIKIAN SEMOGA DAPAT MENJADI BAHAN RENUNGAN POSTIF YANG MEMBANGUN.
    BARAAKALLAAHULIY WALAKUM WASSALAMWRWB

  86. bagi saya sebaik apapun opini seseorang walaupun disertai bukti-bukti yang kuat semuanya bersipat subjectif, dan silahkan smua orang berkomentar apapun bebas tapi yang terpenting dalam kondisi sekarang saya akan menjalankan syariat islam sendiri. dalam keluarga sendiri, karena saya sudah muak dengan brokbroknya bangsa ini

  87. kecewa kecewa kecewa dengan bangsa ,mayoritas islam tapi ga mau nerapkan syaria islam

  88. sama ada perjuangan SMK itu sejajar dgn perjuangan rosul yg selama 23 tahun itu.. kita sbg kholai’fa fil ard mesti mengemban risalah kebenaran ini sampai bila pun. Itu ketetapan Allah

  89. Ping-balik: Sepakbola dan Agama | ian bood

  90. sebenarnya islam di indonesia itu mayoritas knapa kita sbgi islam tidk bisa menegaskan hukum dn sariah islam disini kita ngper disi kita punya rasa takut islam yang sejati itu pemberani

  91. IYOCK

    ARTIKEL ANDA KOK MIRIP DG ARTIKEL ; saefulloh08.wordpress.com/kajian-iin/fakta-sejarah-nii/‎
    …??

  92. Agfian Muntaha

    Jika anda baca dengan seksama, tulisan (baik gaya maupun bentuk penuturannya) sangatlah berbeda. Jika terlihat mirip, itu karena ide dan landasan pemikiran kami sama mas, bahwa NII adalah gerakan dan negara yang sejarahnya banyak dibelokkan oleh pemerintah negeri ini di masa lalu…

  93. Faris Syadida

    Insya Allah SM Kartosuwiryo seorang mujahid yang syahid demi tegaknya agama Allah di bumi Pertiwi , dan beliau salah satu pelopor didunia yang memperjuangkan konsep islam di abad 20

  94. NII masih ada di bumi indonesia dan selalu bersinar sampai hari ini 2014 untuk memperjuangan hak umat islam indonesia dan merebut kembali wilayah yang di caplok oleh presiden kuffar (sukarno) dn akan mengembalikan NKRI ke sampah jogjakarta krn pemerintahan soekarno secara legalitas di jogjakarta.

  95. Perjuangan pk imam sang proklamator 1949 yg sahid.. untuk menegakan syariat islam berdasar al qur’an dan assunah sebagai idiologi islam kaffah,,di indonesia akan terwujud insya allah janji allah akan datang seperti firman allah dlm al qur’an sesungguhnya kemenangan itu sangat dekat wktunya, oleh karna itu generasi generasi penerus pejuang nii yg suci,, ini lagi gencar gencar meruntuhkan paham pancasila terhadap rakyat indonesia yg sdh ketipu oleh kebohongan sukarno (kuffar),, krn sistem perjuangan nii hari ini mencontoh perjuangan rasul di wkt penaklukan kota mekah dengan perjanjian hudaibiyahnya. Allahhhh,,, allaahhhhhuakbaaarr,,,,

  96. adul

    otong suka bung karno pantesan mukanya kaya bungkusan

  97. omen

    ??? buat lo,yg memberi rezeki pada anda siapa? yg memeberi sehat pada anda siapa?dan memeberi segalanya pada anda itu siapa?apa PANCASILA ,????tentu bukan jadi wajar kalau Allah yg memiliki segalanya punya hukum sendiri,kecuali kalau anda tetap pada pendirian anda berarti kalau nanti anda mati harus cari tempat bukan ditempatnya Allah ,harus ditempatnya garuda muyung pancasila

  98. amir m

    salam sejahtera bagi bangsa indonesia.kita tda usah menjelekan satu kaum belum tentu itu salah.kita sama-sama punya misi silahkan perlihatkan hasil karya masing-masing nanti orang akan menilai hasil karyanya.haruslah umatan wahidatn perjungan saat ini diharamkan meneteskan darah setetespun.ilmuya pahami secara benar menurut sari dan pahami sejarah islam yang baik dan benar.jadi jangan saling menghujat diantara islam dengan islam mari kita kembali kepada aqidah nabi kita muhamad swt dan sunahnya kita wajib mekikutiya…./?wasalam AMIR M

Silahkan berkomentar dengan sopan dan asik. Insya Allah gue bakal kunjungan balik :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s